Mohon tunggu...
Muhibuddin Aifa
Muhibuddin Aifa Mohon Tunggu... Wiraswasta

Jika Membaca dan Menulis adalah Cara yang paling mujarab dalam merawat Nalar, Maka Kuliah Adalah Pelengkapnya.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Memodifikasi Lingkungan Rumah agar Kelihatan Asri, Sehat, dan Ramah Anak

27 September 2020   11:06 Diperbarui: 30 September 2020   12:26 1474 18 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memodifikasi Lingkungan Rumah agar Kelihatan Asri, Sehat, dan Ramah Anak
Sumber Foto : insinyurbangunan.com

My home is my castle (rumahku adalah istanaku), begitulah ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, menggambarkan betapapun sederhananya sebuah rumah yang kita tempati, namun pagi sipemilik serasa istana baginya.

Keberadaan sebuah rumah selain sebagai tempat tinggal, juga menjadi simbol terhadap kepribadian penghuninya.

Jika rumah memiliki tempat yang bersih dan nyaman, seolah keadaan tersebut telah mewakili respresentatif kepribadian penghuninya.

Ketika kita melihat rumah yang memiliki pekarangan yang bersih dan didalam memiliki tata ruang yang teraratur, seolah telah memberikan kesan yang baik juga bagi sepimiliknya.

Pun demikian saat kita jumpai kondisi rumah dengan tata ruang yang sembraut, ditambah lagi penampakan halamannya yang kotor, membuat pikiran kita akan menyimpulkan, bahwa ada masalah pada penghuninya.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kita mulai mencoba memodifikasi lingkungan dan tataruang rumah kita dengan indah dan nyaman. Agar tamu yang bertandang kerumah kita bisa berasumsi positif terhadap kita sebagai sipemilik rumah, dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Make Over Rumah Kita Dengan Taman Gizi

Saat kita melihat pekarangan sebuah rumah yang tidak memiliki tanaman tumpang sari dan tumbuhan obat-obatan. Berasa ada yang kurang pada sisi rumah tersebut, sudah selayaknya tiap rumah perlu menyisakan sedikit halamannya untuk tanaman obat-obatan.

Tidak perlu halaman yang luas cukup beberapa meter saja menyesuaikan dengan kondi luas halaman. Adapun tanaman yang memiliki khasiat obat dapat berupa, dun serai, kumis kucing, sirih, jahe, lengkuas, kuyit, lidah buaya, dll.

Tidak perlu ditanaman dalam jumlah banyak, secukupnya saja, paling tidak saat dibutuhkan tersedia untuk anggota keluarga. Pemanfaatan taman gizi keluarga belum menjadi prioritas masyarakat kita, padahal keberadaannya sangat dibutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x