Mohon tunggu...
KANG NASIR
KANG NASIR Mohon Tunggu... Administrasi - petualang

Orang kampung, tinggal di kampung, ingin seperti orang kota, Yakin bisa...!

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Pilihan

Pasar Joged dan Kebo Gerem

4 Mei 2022   18:36 Diperbarui: 5 Mei 2022   19:13 1617 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrasi, Kebo Gerem. Dok Ismatulloh.

Sejak saya masih kecil, Pasar Joged sudah terkenal. Letaknya ada di Jalan Raya Jakarta-Merak, 5 km sebelum Merak, masuk wilayah Kelurahan -- dulu Desa -- Gerem, Cilegon.

Hari Senin dan Kamis, Pasar ini di penuhi para Pedagang bukan hanya di sekitaran Gerem, tapi juga ada yang dari Cilegon, orang bilang hari pasar Joged.

Jika bulan puasa (Ramadhon), di pasar Joged ada yang menjual Bonteng alias timun suri asli dari petani Gerem. Bonteng Gerem terbilang bonteng berkwalitas, rasanya manis dan baunya harum.

Ada beberapa varian bonteng yang terkenal yakni varian bonteng petir, varian bonteng klape lirig dan varian bonteng Cidangdang. Varian ini hanya merujuk tempat penanamannya. 

Petir, Klape Lirig dan Cidangdang adalah area persawahan yang ada di Gerem. Tapi sekarang area petir sudah jadi kubangan akibat adanya Jalan Tol Tangerang Merak, Klape lirig sudah ditanami pabrik Kimia  MCCI/MFI, sedangkan Cidangdang  sering kena banjir juga.

Pasar Joged juga menjadi tempat istirahat warga setelah bepergian, ada yang pulang  dari Cilegon, dari Merak atau setelah dari sawah termasuk  anak anak sekolah, Sambil istirahat biasanya makan ketan atau minum kopi di Warung bi Cup atau bi Mun.

Tidak ada yang tahu kenapa dinamakan pasar Joged, apakah dulu banyak yang joged saya juga tidak  tahu, yang jelas  hanya nama tempat atau lokasi, sama halnya dengan tanjakan Si Goyang, 500 m dari Pasar Joged, jalan yang menuju Gerem.

Secara spesifik, terkenalnya Pasar Joged lantaran ada sesuatu yang beda dari pasar lain. Apa itu?

eks Pasar Joged. dok. Pribadi
eks Pasar Joged. dok. Pribadi

Sehari sebelum bulan ramadhon, sehari sebelum pertengahan ramadhon, sehari sebelum Idhul Fithri dan sehari sebelum Idhul Adha, secara kultural, orang menyebutnya "sembelehan kebo". Pasar Joged menjadi tempat penjualan daging kerbau (kebo). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan