Mohon tunggu...
Mochamad Thoriq Khoir
Mochamad Thoriq Khoir Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Teknik Informatika Semester 5 fakultas SAINTEK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang suka memplajari hal-hal baru dan sangat tertarik dengan konsep bagaimana sesuatu dapat terjadi atau tercipta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Menggabungkan Kecerdasan Buatan dan Otomasi untuk Meningkatkan Manajemen Hubungan Pelanggan

27 Oktober 2023   16:06 Diperbarui: 27 Oktober 2023   16:09 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pixabay.com/id/vectors/ilmu-urai-biologi-otak-pikiran-1751201/

Manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management, CRM) telah menjadi elemen kunci dalam strategi bisnis modern. Bisnis yang sukses telah menyadari pentingnya memahami pelanggan mereka dengan lebih baik, dan itulah mengapa teknologi terus berkembang dalam mendukung upaya ini. Dua inovasi utama yang telah membentuk dan memperbaiki cara kita memahami dan berinteraksi dengan pelanggan adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) dan otomasi.

AI memungkinkan bisnis untuk menganalisis data pelanggan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan kemampuannya untuk mengenali pola, AI dapat mengidentifikasi preferensi pelanggan, perilaku pembelian, dan kebutuhan mereka secara lebih akurat. Ini membantu perusahaan untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan relevan kepada pelanggan mereka.

Otomasi, di sisi lain, membantu dalam mengefisienkan proses-proses yang ada dalam manajemen hubungan pelanggan. Tugas-tugas rutin seperti mengirim email konfirmasi atau mengelola panggilan masuk dapat diotomasi dengan mudah, memberikan waktu dan sumber daya lebih banyak untuk berfokus pada interaksi yang memerlukan sentuhan manusia.

Namun, salah satu perkembangan paling menarik dalam bidang ini adalah bagaimana AI dan otomasi dapat bekerja bersama untuk meningkatkan manajemen hubungan pelanggan. Berikut beberapa cara di mana kedua teknologi ini berkolaborasi:

1. Analisis Data Lebih Mendalam:

   AI dapat menggali data pelanggan dengan lebih mendalam dan mengidentifikasi tren yang mungkin terlewatkan oleh analisis manusia. Data ini dapat digunakan untuk memahami preferensi pelanggan dengan lebih baik, memprediksi perilaku mereka, dan memberikan rekomendasi yang lebih akurat.

2. Pelayanan Pelanggan 24/7:

   Dengan adanya chatbot dan asisten virtual yang ditenagai oleh AI, bisnis dapat memberikan pelayanan pelanggan yang tersedia sepanjang waktu. Pelanggan dapat mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka dan bantuan kapan saja, bahkan di luar jam kerja normal.

3. Otomasi Tindak Lanjut:

   Setelah analisis AI mengidentifikasi peluang atau masalah potensial, otomasi dapat digunakan untuk mengambil tindakan lebih lanjut. Misalnya, otomasi dapat mengirim penawaran khusus kepada pelanggan yang telah menunjukkan minat pada produk tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun