Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Guru - Menjaga Hati Nurani

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Lebih Baik Dititipkan

4 November 2021   08:51 Diperbarui: 4 November 2021   08:54 84 16 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Idealnya memang seseorang bisa selalu bersama keluarga. Sampai akhir hayatnya. Hanya saja, yang ideal itu kan tidak selalu hadir dalam kehidupan setiap orang. 

Kalau cuma kerepotan mendampingi orang tua, mungkin masih dianggap biasa. Namun kalau sudah tidak mampu untuk menanggung bebannya, memang bukan sesuatu yang salah jika seorang anak menitipkan orang tuanya ke panti jompo

Biasanya, orang tua juga perlu berkomunikasi. Bahkan komunikasi ini sangatlah penting. Kadang, komunikasi ini justru menjadi keberadaan mereka. 

Jika di dalam keluarga, dengan komunikasi yang baik, tentu sangat ideal. Hanya saja, kadang satu rumah sibuk semua. Berbeda jika mereka berada di panti jompo. Banyak teman seusia yang bisa diajak komunikasi. 

Belum lagi problem kesehatan para manula.  Biasanya, biaya kesehatan manula akan semakin tinggi. Jika keluarga mampu menyediakan kesehatan yang baik tentu sangat ideal. Akan tetapi, banyak juga keluarga yang hidup dalam keuangan yang menyedihkan. 

Tentu banyak hal harus diperhatikan betul jika ingin mengolok-olok orang yang menitipkan orang tuanya ke panti jompo. Karena pada dasarnya, setiap anak pun juga menginginkan untuk selalu membahagiakan orang yang telah membuatnya hadir di dunia. 

Jangan selalu mengukur segala sesuatu dengan yang ideal. Jika tidak ideal maka pasti salah. Dan lebih parah lagi, kalau mereka yang tidak bisa hidup dalam kehidupan yang ideal diserang dan diolok-olok. 

Negara memang harus hadir jika kondisi seperti ini ada. Negara menyiapkan tempat untuk menampung para manula agar tetap dapat hidup dalam kehidupan yang layak. 

Semoga, kita semua dapat hidup dalam kehidupan yang ideal. Di sisi lain, kita juga harus memiliki hati untuk berempati pada mereka yang belum bisa hidup dalam sebuah kehidupan yang ideal. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan