Mohon tunggu...
KKN
KKN Mohon Tunggu... Sejarawan - Mahasiswa S1

Love mine

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Memberikan Inovasi Sejarah Melalui Museum untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah

4 Agustus 2022   10:54 Diperbarui: 4 Agustus 2022   11:09 64 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa KKN Undip memberikan Edukasi pembelajaran Sejarah melalui virtual museum kepada anak anak SD Krandegan, Desa Krandegan, Kecamatan Kutoarjo, Jawa Tengah (Dokumentasi Pribadi)
Mahasiswa KKN Undip memberikan Edukasi pembelajaran Sejarah melalui virtual museum kepada anak anak SD Krandegan, Desa Krandegan, Kecamatan Kutoarjo, Jawa Tengah (Dokumentasi Pribadi)
Muhammad Nauval, mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Diponegoro sekaligus peserta KKN Tim II Undip, dalam melaksanakan program kerja berbasis SDGs dengan memberikan edukasi Memberikan Inovasi Sejarah Melalui Virtual Museum untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah: Museum Benteng Vredeburg, kepada anak-anak Sekolah Dasar Desa Krandegan. 

Pelaksanaan kegiatan ini diaktualisasikan kedalam bentuk program kerja SDGs yang memiliki arti sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dalam pelaksanaan kegiatan dilaksanakan Di SD Krandegan . 

Peserta dalam kegiatan ini adalah anak-anak Sekolah Dasar dari kelas 5.kegiatan program kerja mengenai Memberikan Inovasi Sejarah Melalui Virtual Museum untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah dimaksudkan dapat memberikan pemahaman belajar sejarah yang menarik kepada anak-anak Sekolah Dasar, dengan cara melihat tayangan video virtual museum. 

Pada saat pelaksanaan kegiatan, mahasiswa menjelaskan koleksi yang terdapat di Museum Benteng Vredeburg termasuk tokoh-tokoh pahlawan nasional yang ada di dalamnya, namun sebelumnya mahasiswa menanyakan kepada anak-anak siapa yang pernah berkunjung ke museum, namun tidak satupun anak-anak yang belum pernah berkunjung ke museum, hal ini tentu menjadi permasalahan penting bagi dunia pendidikan.

Mahasiswa Undip memberikan hadiah kepada anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar setelah pelaksanaan kegiatan virtual tour museum (Dokumen Pribadi).
Mahasiswa Undip memberikan hadiah kepada anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar setelah pelaksanaan kegiatan virtual tour museum (Dokumen Pribadi).

Diakhir kegiatan mahasiswa memberikan beberapa jumlah pertanyaan kepada anak-anak, jika ada yang berhasil menjawab pertanyaan akan mendapatkan hadiah, hal ini dilakukan sebagai tolok ukur pencapaian dan pemahaman dari anak-anak setelah mengikuti kegiatan virtual tour museum, dan hasilnya pun juga tidak mengecewakan, anak-anak sangat antusias dan tenang saat pelaksaan dilakukan dan setelah selesai para anak anak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan walaupun dengan rasa malu dan takut salah. 

Kegiatan semacam ini dapat terus berlangsung dan dikembangkan, supaya anak-anak tetap mendapatkan edukasi pembelajaran meskipun pada kenyataannya mereka belum mendapatkan mata pelajaran mengenai sejarah secara terperinci. Diharapkan dengan adanya program kerja virtual tour museum ini dapat membantu memberikan edukasi utamanya dalam belajar sejarah bagi anak-anak.

Penulis             : Muhammad Nauval.
(mahasiswa ilmu sejarah Undip 2019).
DPL                : Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom, M.I.Kom


#KKNTimIIUNDIP2022 #UNDIP #P2KKN #LPPMUNDIP #KKNUNDIP2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan