Mohon tunggu...
Muhammad Julijanto
Muhammad Julijanto Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta

Tuangkan apa yang ada di dalam pikiranmu, Karena itu adalah mutiara yang indah untuk dinikmati yang lain bila dituangkan, Tetapi bila dipendam hanya untuk diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Anak dan Masa Depan Bangsa

2 Oktober 2023   20:13 Diperbarui: 2 Oktober 2023   20:17 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beri Pengalaman Inspiratif Anak. Dokpri

Anak dan Masa Depan Bangsa

Oleh Muhammad Julijanto

Masa anak adalah masa bermain, anak yang sehat mampu mengeksplorasi keingintahuannya dengan imajinasi dan bukti empirik. Apa yang dilihat akan menjadi panutan, tontonan akan menjadi panutan. Bila contoh dan model yang menjadi rujukan adalah tidak membawakan nilai-nilai luhur, maka akan tertanam dalam diri anak kemampuan yang berbeda. Kemampuan untuk melakukan identifikasi dirinya dengan yang dilihat dan ditonton, maka sadarlah orang dewasa agar bisa menjadi rujukan anak dan berperilaku. Keteladanan dan contoh yang menjadi panutan bahkan menjadi model bagi anak untuk menduplikasi, mendiseminasi kemampuan dan berbagai peragai yang layak.

Tulisan ini akan menggali sisi lain dari pertumbuhan dan perkembangan anak dalam mencapai puncak prestasi dan penemuan jati dirinya.

Mengapa masih ada kasus kekerasan terhadap anak? Apakah fungsi hukum tidak berjalan untuk melindungi dan mengayomi penduduk yang paling rentan ini?

Anak Kelompok Rentan

Anak merupakan kelompok penduduk paling rentan dibanding dengan warga negara yang lain. Karena usia, kondisi fisiologis dan psikologi yang masih dalam pertumbuhan dan perkembangan. Apa yang dilihat anak akan menjadi pengalaman berharga hidupnya.

Keluarga di mana anak berada berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengatasi masalah lingkungan. Lingkungan asri bersih sejuk dan hijau menjadi kehidupan damai penuh kerukunan dan kebersamaan. Saling bahu membahu antar warga menjadi kekuatan besar. Belajar pada kearifan alam menjadi tempat yang kondusif untuk tumbuh kembang anak lebih baik.

Keteladanan sangat penting dalam membangun karakter anak tumbuh kembang secara baik, mental dan spiritualnya, ditanamkan nilai-nilai luhur yang bisa diambil dari film. Teladan Nabi Ibrahim As dan Ismail As adalah simbol ketaatan tauhid kepada Allah Swt. Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kesehatan ibu dan anak menjadi prioritas. Kualitas keluarga yang baik diawali dari kesehatan semua anggota keluarganya. Gaya hidup sehat, lingkungan yang bersih dan kerukunan warga menjadi kunci kebahagiaan warga. Bersama masyarakat keluarga membangun kualitas bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun