Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... O - "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mr Nanang, Pedagang Es Cincau Itu Menguasai Empat Bahasa Asing

10 Januari 2020   17:20 Diperbarui: 10 Januari 2020   17:22 279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mr. Nanang namanya, dia adalah pedagang Es cincau kelapa muda, munuman tradisional khas Bogor, dia berdagang di Jalan Pajajaran Bogor Selatan, selain sebagai pedagang, beliau juga mengajar di salah satu SMK Swasta di Bogor, sebagai guru honorer, memegang mata pelajaran matematika, Jadi kalau tidak ada jadwal mengajar beliau gunakan untuk berdagang, ada sesuatu yang menarik dari beliau, saat saya mampir untuk menikmati es cincau, beliau menyambut dan menghampiri motor yang kami parkir sedikit jauh dari gerobak beliau, beliau meyambut kami dengan bahasa Inggris, setelah merapikan kendaraan saya mendekat ke gerobak beliau dan beliau mengikuti menuju gerobak beliau masih dengan bahasa Inggris, beliau menanyakan apakah menyukai es cincau, bagaimana khabarnya, berasal dari mana, semua dalam bahasa Inggris.

dokpri
dokpri

Kami memesan dua gelas es cincau, dan kami saling bercerita, dia menanyakan saya berasal dari daerah mana, istri saya berasal dari daerah mana, dan segala rupa, lagi-lagi semua dalam bahasa Inggris.

Akhirnya kesempatan menurut saya, saya buat tulisan saja akan lebih baik, saya mengambil alat perekam yang biasa saya bawa setiap hari, kemudian saya minta ijin untuk mengambil gambar dan bincang-bincang sebentar, dia sangat senang sekali, reportase baru berjalan 5 menit, kami terhenti karena ada sepasang suami istri yang berbalik arah serta berhenti dan memesan, dia langsung menggunakan bahasa Inggris, wow ....rupanya suami istri ini pernah melihat  Mr. Nanang saat di wawancarai Trans TV , mereka bercengkrama menggunakan bahasa Inggris,  sementara saya menikmati dulu es cincau yang dibuat oleh Mr. Nanang.

dokpri
dokpri

Setelah suami istri itu selesai dan pergi, kami melanjutkan reportase, Mr. Nanang belajar 4 bahasa secara autodidak, dia memiliki dua orang anak dan seorang istri, di rumah mereka mewajibkan semua menggunakan bahasa Inggris utuk komunikasi sehari-hari, menurut Mr. Nanang ilmu itu wajib dari lahir sampai ke liang lahat, beliau juga penggemar bacaan, beberapa bacaan yang kami sebut Mr. Nanang merespons dan mengetahuinya, beliau juga membuat beberapa puisi, saya di perlihatkan puisi yang beliau buat.

Bogor, 10012020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun