Mohon tunggu...
mirna dwiaryani
mirna dwiaryani Mohon Tunggu... Mahasiswa/UNNES

Saya mirna dwiaryani, saya suka dengan hal-hal kuliner karena saya memiliki hobi memasak. Harapan saya menjadi wanita karir sukses untuk kedepan dan membahagiakan orang tua saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bakti Akademisi UNNES: Mahasiswa PGSD Kembangkan Buku Panduan PTK Berbasis Etnomatematika di SD Negeri Sigayam Batang

10 Oktober 2025   22:05 Diperbarui: 10 Oktober 2025   22:07 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Kepala Sekolah SD Negeri Sigayam

Foto Bersama Guru Wali Kelas 4 SD Negeri Sigayam
Foto Bersama Guru Wali Kelas 4 SD Negeri Sigayam

Batang, 02 Oktober 2025 — Bakti Akademisi menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu secara nyata di lingkungan sekolah. Dalam kegiatan ini, Mirna Dwiaryani, mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang (UNNES), mengembangkan inovasi berupa “Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Etnomatematika bagi Guru SD.”

Pelaksanaan kegiatan berlangsung di SD Negeri Sigayam, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Sekolah SD Negeri Sigayam, yang menyambut baik pelaksanaan program dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Guru memiliki peran sentral dalam memastikan keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan berbagai permasalahan yang menuntut adanya solusi reflektif dan inovatif. Salah satu permasalahan yang diidentifikasi di SD Negeri Sigayam adalah kurangnya minat dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran kurang optimal dan hasil belajar siswa belum mencapai target yang diharapkan.

Sebagai bentuk solusi, Mirna mengembangkan pendekatan etnomatematika yang diintegrasikan dalam rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Etnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan konsep-konsep matematika dengan unsur budaya dan praktik kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Melalui pendekatan ini, siswa belajar matematika dengan konteks yang lebih dekat dan familiar, seperti kegiatan tradisional, pola anyaman, bentuk bangunan, atau perhitungan dalam aktivitas permainan tradisional. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih menarik, kontekstual, dan bermakna bagi siswa sekolah dasar.

Buku panduan ini disusun sebagai referensi praktis bagi guru sekolah dasar dalam merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Di dalamnya terdapat contoh format perencanaan PTK, langkah-langkah pelaksanaan tindakan, serta strategi penerapan etnomatematika dalam konteks kelas yang dapat diadaptasi sesuai kebutuhan guru. 

Melalui kegiatan Bakti Akademisi UNNES, mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis, tetapi juga mengimplementasikan ilmunya untuk mendukung profesionalisme guru di sekolah dasar. Diharapkan, melalui kehadiran Buku Panduan Pelaksanaan PTK Berbasis Etnomatematika ini, guru-guru dapat lebih mudah melaksanakan penelitian tindakan kelas yang inovatif dan berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun