Mohon tunggu...
MI Thoriqul Huda
MI Thoriqul Huda Mohon Tunggu... Guru - Pusat Riset dan Pengembangan Data

Madrasah Ibtidaiyah di Desa Ranupani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pariwisata Ranupani Bernuansa Budaya Tengger dan Religi

22 Agustus 2021   06:14 Diperbarui: 22 Agustus 2021   06:55 218 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pariwisata Ranupani Bernuansa Budaya Tengger dan Religi
Dok. Pribadi

Desa Ranupani menjadi salah satu kawasan yang menegaskan Lumajang Eksotik terbukti memang benar adanya. Semakin berkembangnya teknologi membuat desa ini semakin mudah ditemukan para pencari ketenangan batin, para barisan patah hati, para barisan mantan cidera sakit hati, pun juga fotografer prewedding dari berbagai daerah. 

Faktor geografis dan historis seperti telah menghipnotis wisatawan untuk selalu tertarik dengan hal baru yang ada di desa Ranupani. Ini juga menarik perhatian penulis diluar aktivitas mengajar di MI Thoriqul Huda Ranupani. (Baca : Aktivitas Saya di Suku Tengger)

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Bermalam mendirikan tenda di Ranu Regulo - Ranupani tentu memiliki kesan tersendiri. Apalagi area camping ground ini umumnya hanya dilirik sebagai alternatif jika terlalu malam atau bermalam tambahan sepulang mendaki mahameru. Ranu Regulo sudah memiliki toilet dengan bak air yang tersedia air bersih. 

Kesan bau pesing nampaknya tidak terlihat sama sekali. Di depan pintu toilet tidak ada yang penjaganya, hanya disediakan kotak infaq apabila ada yang bersedia memberikan rejekinya untuk petugas kebersihan. 

Semua masih alamiah, sampai sampah pun sebaikknya dibawa pulang sendiri oleh wisatawan, tujuannya melatih tanggung jawab kita. Jangan tinggalkankan apapun selain jejak dan kenangan manis. 

Jangan membakar sampah, karena itu akan membawa polusi. Terlebih kawasan Ranu Regulo masih banyak terdengar suara burung, yang tentu asap pembakaran sampah akan membuat satwa-satwa menjadi terganggu. 

Air yang menguap di saat sunrise membuat kesan Ranu Regulo semakin indah di pagi. Sangat cocok memanjakan mata sembari menyruput Kopi di anjungan Danaunya. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Satu hal yang belum banyak yang mengetahui tentang obyek wisata yang belum dibuka untuk umum, yaitu Bukit Gending. Lokasinya sangat dekat dengan Ranu Regulo. Panorama yang disuguhkan seperti sunrise dan juga cekungan danau dikelilingi rindangnya pohon-pohon. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan