Mohon tunggu...
MIRANDA ATMANEGARA
MIRANDA ATMANEGARA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi sv ipb

Manajemen Agribisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Perkembangan Teknologi di Era Digital

15 Juli 2021   21:27 Diperbarui: 15 Juli 2021   21:34 200 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Teknologi di Era Digital
freepik

Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kehidupan manusia yang lebih praktis. Era Digital adalah istilah yang digunakan pada kemunculan digital saat itu, yang banyak terciptanya teknologi digital dan perlu adanya jaringan internet. Jaringan internet itu sendiri adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. (kompas.com,2021). Tepat di era ini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk setiap orang dalam beraktivitas, dari yang belajar menggunakan aplikasi pembelajaran, bekerja bahkan berbisnis. Jadi, tak heran lagi generasi milenial sekrang lebih membutuhkan gadget atau semacamnya sebagai wadah pengembangan  kreativitas dan juga sebagai sumber uang.  Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya jangan sampai ada yang tertinggal. Salah satu contoh penggunaan teknologi yang membutuhkan internet seperti, jika kita ingin memulai bisnis dimana berawal dari pembuatan pamflet digital, promosi di medsos, pengiriman barang bahkan pembayaran. (kompas.com, 2021). Revolusi Industri merupakan perubahan besar terhadap cara manusia dalam mengelola sumberdaya alam dalam memproduksi barang-barang, Perubahan besar-besaran itu sendiri terjadi pada bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi. Hal itu terjadi pada tahun 1750-1850, revolusi industri juga dapat berdampak pada kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. (ekonomi, 2019)

Revolusi Industri sudah melewati beberapa tahapan dari revolusi 1.0 sampai dengan 4.0, yuk kita ulas secara singkat!. Tahapan yang pertama yaitu revolusi industri 1.0 yang terjadi pada abad ke-18 yang dimana di tandai adanya Mesin Uap yang gunanya untuk proses produksi barang. Peralatan kerja yang awalnya bergantung pada tenaga manusia dan hewan kini telah digantikan oleh mesin uap. Salah satu contoh mesin uap di Inggris digunakan sebagai alat tenun mekanis pertama yang dapat meningkatkan produktivitas industri tekstil. Selain itu, mesin uap itu digunakan pada bidang transportasi yang saat itu masih menggunakan tenaga angin, dan bisa saja angin hilang atau pun tertiup kearah lawan, yang dapat menghambat kerja transportasi. Pada penemuan James Watt telah menemukan Mesin Uap yang lebih efisien dibandingkan dengan mesin uap yang menggunakan tenaga angin, penemuan barunya dapat bertahan 24 jam penuh bila didukung dengan adanya kayu dan batu bara yang cukup. (ekonomi, 2019)

Revolusi Industri 2.0 dimulai dengan adanya Lini Produksi atau Assembly Line. Pada revolusi yang pertama berfokus pada efisiensi mesin, sekarang revolusi kedua berfokus pada proses produksi, yaitu salah satu contoh masalah logistik. Saat itu ada sebuah kasus proses pembuatan mobil yang tidak bisa digunakan di tempat lain karena kala itu biayanya cukup mahal. Dan suatu ketika masalah tersebut terselesaikan dengan ditemukannya konsep Lini Produksi atau Assemly Line yang memanfaatkan conveyor belt tahun 1913. Maka, proses perakitan dapat diselesaikan secara efisiensi sebab tidak harus melibatkan satu orang ditempat yang sama dan prinsip ini berkembang menjadi spesialis, dimana satu orang menangani untuk satu perakitan. (Digital, 2020)

Pada Revolusi Industri 3.0, jika Revolusi industri pertama dipicu oleh mesin uap, kedua dipicu adanya listrik dan pada revolusi yang ketiga ini dipicu oleh mesin yang dapat bergerak dan bersistem secara otomatisasi. Salah satu contoh yaitu komputer dan robot.  Kemajuan teknologi komputer berkembang secara pesat dengan adanya penemuan semikonduktor, transistor dan integrated chip.
Salah satu fitur dalam komputer yaitu Microsoft word,  Microsoft exel dan power point 
. Jika pada robot yang diatur sedemikian rupa layaknya manusia dengan menggunakan sistem otomatisasi. (ekonomi,2019)

Nah pada revolusi industri ini merupakan fenomena yang menggabungkan antara teknologi siber dan teknologi otomatisasi. Yang dikenal dengan istilah "cyber physical system" penerapannya mengacu pada otomatisasi dan dibantu  teknologi informasi untuk pengaplikasiannya maka dari itu, keterlibatan manusia akan semakin berkurang. Dengan adanya revolusi ini akan memunculkan efektivitas dan efisiensi secara tepat. Dalam dunia industri, hal ini berdampak secara signifikan pada kualitas kerja dan biaya produksi. Dalam revolusi industri 4.0 ada lima teknologi yang menjadi pilar utama yaitu Internet of Things, Big Data, Artificial Intelligence, Cloud Computing dan Additive manufacturing(Rizkinaswara, 2020)

Perihal penjelasan di atas sudah cukup lengkap pada lingkup revolusi industri saat ini.Adapun komponen yang digunakan dalam teknologi informasi seperti Hardware,Software, Brainware, otomatisasi, data, informasi dan pengetahuan. Tergantung manusia memanfaatkan atau malah sebaliknya, yang terpenting  tugas kita sebagai generasi penerus dituntut untuk mengembangkan atau menemukan  inovasi yang baru. Karena, beberapa tahun kedepan generasi mudalah yang akan meneruskannya.

DAFTAR PUSTAKA

Digital, S. (2020, November 18). Mengintip Perkembangan Revolusi Industri Mulai Era
1.0 Sampai 4.0. Dipetik juli 14, 2021, dari mengintip-perkembangan-revolusi-
industri-mulai-era-1-0-sampai-4-0: https://sasanadigital.com/mengintip-
perkembangan-revolusi-industri-mulai-era-1-0-sampai-4-0/

ekonomi, D. (2019, mei 7). Mengenal Revolusi Industri dari 1.0 hingga 4.0. Dipetik juli
14, 2021, dari mengenal-revolusi-industri-dari-10-hingga-40:
https://www.wartaekonomi.co.id/read226785/mengenal-revolusi-industri-dari-10-
hingga-40

kompas.com. (2021, januari 8). Pengertian dan Perkembangan Teknologi. Dipetik juli 14,
2021, dari pengertian-dan-perkembangan-teknologi:
https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/08/120000169/pengertian-dan-
perkembangan-teknologi?page=all

pixabay. (2020, mei 19). media sosial. Dipetik juli 14, 2021, dari media-sosial-sosial-
pemasaran: pixabay.com/id/illustrations/media-sosial-sosial-pemasaran-5187243

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN