Mohon tunggu...
Miranda
Miranda Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Saya Miranda Seorang Mahasiwa Universitas Pamulang, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pilah Pilihlah dalam Memilih Teman

28 April 2024   22:49 Diperbarui: 28 April 2024   23:04 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hii sobat aku punya pengalaman yang dimana dulu ketika aku masih sekolah, otomatis temen-temen aku itu yang sepantaran sama aku mau itu temen sekolah ataupun rumah ya.

Ternyata ketika aku meranjak di usia 20+ lah ya bisa dibilang aku tuh ngerasa ternyata perbedaan berteman dengan yang seumuran sama yang lebih tua dari kita itu mempengaruhi pola pikir kita banget dalam keseharian.

Dulu pas aku masih berteman, main, ataupun nongkrong sama yang seumuran pasti deh dikit-dikit ada yang baper, ada yang ngerasa tersaingi, ada yang cemburuan yang ngebuat pola pikir kita nge stuck disitu aja, jadi susah buat berkembang gitu. 

Lalu dimana aku masuk ke dunia perkuliahan, karena kan aku setelah lulus smk langsung daftar kuliah jadi gk ada jeda untuk nyantai-nyantai. Nah disitu aku mulai ngerasain tu temenan ama yang usianya lebih dewasa sama aku. Karena kan di kampus itu rata-rata udah pada berumur ya paling cuman berapa orang yang seumuran dengan kita. Trus ditambah temen-temen aku di pengajian juga umurnya udah pada dewasa semua 99% diatas aku usianya. Nah dari situ tu aku mulai ngerasa perubahan pada diri aku sama pola pikir aku, yang dimana dulu aku baperan banget. Kayak misalnya aku ngechat trus dibalesnya lama atau sampe" gk dibales pasti aku langsung kesel ditambah make narik pesan lagi kan malu"in ya keliatan banget baperannya jadinya. Tapi sekarang semenjak aku berteman sama orang-orang yang usianya itu lebih dewasa dari aku, aku ngerasa aku lebih dewasa sekarang yang dikit-dikit gk baper kalo semisalnya temen gk ngerespon aku, trus gk ngerasa tersaingi lagi, dan masi banyak yang lainnya.

Pesan aku nih buat temen-temen semua

 "teman itu sangat mempengaruhi pola pikir dan kebiasaan kita"

Guru saya pernah bilang 

"pergaulan seseorang kepada siapa yang dia gauli menentukan sikap dalam perbuatannya"

Maka dari itu pilah pilih lah dalam berteman agar kamu tidak salah jalan dan agar hidupmu itu dikelilingi hal-hal yang positif bukan negatif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun