Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - ASN di Purwakarta yang jatuh hati dengan dunia kepenulisan dan jalan-jalan

Menulis adalah panggilan hati yang Tuhan berikan. Caraku bermanfaat untuk orang banyak adalah melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Menjadi Jurnalis Pendidikan, Tidak Sekadar Mencari Berita

18 Oktober 2023   17:19 Diperbarui: 19 Oktober 2023   20:05 791
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi jurnalis. Sumber foto: Dokumentasi iStock

Sejak awal Januari 2023 lalu saya resmi berpindah tempat tugas. Kali ini saya ditugaskan untuk mengelola portal berita milik instansi pendidikan. Tentunya saya bersyukur akhirnya saya bekerja sesuai dengan passion dan kemampuan yang saya miliki apalagi tentunya cita-cita saya sejak dulu adalah menjadi wartawan.

Karenanya ketika ditanya apakah cape dengan pekerjaan saya sekarang, tentunya saya jawab “tidak” karena menulis adalah passion saya dan sudah menjadi bagian dari jiwa sehingga saya menjalaninya dengan senang tanpa beban ketika meliput atau membuat berita.

Beruntungnya saya memiliki pimpinan yang menjadikan media sebagai sarana informasi utama bagi instansi yang dipimpinannya. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah. 

Pada latar belakang tertulis bahwa diperlukan upaya-upaya kreatif (dalam hal ini media) untuk menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah sesuai dengan institusi/lembaga masing-masing kepada publik serta menampung kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi pemerintah.

Instansi tempat saya bernaung memiliki tim media yang komplit seperti jurnalis portal berita, videografer untuk youtube, tim media sosial instagram dan tiktok serta tim editor video tentunya dengan pengawasan dari tim redaktur  yang sudah dibentuk pimpinan.

Pemilihan media situs (website), media sosial (instagram, tiktok) dan juga youtube dikarenakan pertumbuhan pengguna internet semakin meningkat. Hampir seluruh masyarakat memiliki gawai (handphone) yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi tetapi juga untuk mendapatkan informasi. 

Tak heran jika kebijakan pendidikan di kota saya sering kali mendapat apresiasi baik dari kementrian maupun lembaga yang lain dan itu tentunya ada peran media yang menyampaikan informasi tersebut.

Karena murni tugas saya adalah sebagai jurnalis portal media, maka tugas utama saya adalah memberikan informasi terkait berjalannya kebijakan-kebijakan dan sistem pendidikan yang dibuat tidak hanya oleh kementrian tetapi juga oleh instansi itu sendiri. 

Selain itu tugas lainnya adalah meng-explore informasi yang bisa memberi dampak positif untuk masyarakat yang disampaikan secara akurat. Karenanya saya lebih memilih terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan berita yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan isi dari berita tersebut.

Setiap hari saya membuat berita tidak hanya kegiatan pimpinan  ataupun kegiatan di kantor tetapi juga tentang aktivitas di sekolah. Jika tidak ada kegiatan di kantor yang harus saya beritakan, biasanya saya berkunjung ke sekolah-sekolah. Tidak hanya melihat kemudian memberitakan pembiasaan karakter di sekolah tersebut tetapi hal-hal menarik yang bisa saya angkat menjadi berita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun