Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah dunia saya, bagian hidup saya

Goweser, Traveller

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Ekowisata Kebo Burangrang, Objek Wisata Baru di Purwakarta

5 November 2021   07:28 Diperbarui: 5 November 2021   21:57 994 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Dokumentasi pribadi

Memperkenalkan Purwakarta Lewat Tulisan

Ini adalah cara yang bisa saya lakukan untuk kota kelahiran sekaligus kota tempat saya tinggal maupun mencari nafkah. Melakukan sesuatu yang positif dengan memperkenalkan potensi wisata maupun kuliner di Purwakarta lewat tulisan yang saya buat.

Kabupaten Purwakarta memiliki luas wilayah 825,74 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 992,86 ribu jiwa (sumber BPS Kabupaten Purwakarta) dan terbagi menjadi 17 kecamatan. Meskipun wilayahnya kecil namun Purwakarta memiliki keindahan alam yang tidak kalah cantik dengan daerah lainnya.

Daerah Purwakarta termasuk yang daerah yang beriklim panas namun tidak semua wilayah di Purwakarta beriklim panas. Salah satu wilayah di Purwakarta yang udaranya sejuk bahkan dingin ketika di malam hari adalah Kecamatan Wanayasa.

Saya memilih Wanayasa sebagai salah satu tempat "niis" atau tempat untuk menenangkan diri saat weekend baik itu berwisata atau hanya sekedar untuk menikmati udaranya yang masih segar. 

Kecamatan Wanayasa memiliki banyak potensi wisata yang sangat indah yang terdiri dari air terjun, danau, gunung, perkebunan teh, maupun hutan pinus. Dan salah satu objek wisata yang belum lama saya kunjungi adalah kawasan hutan pinus Kebo Burangrang.

Satu bulan lalu, setelah PPKM turun ke level 3, saya berniat untuk menghabiskan waktu di tempat yang sejuk dan Wanayasa menjadi pilihan utama saya apalagi saat itu saya masih belum ada keberanian berpergian ke luar kota. 

Karena hampir semua tempat wisata sudah saya kunjungi, saya pun inginnya ke tempat wisata yang belum banyak orang ketahui. Kemudian saya pun mencari namun kali ini melihat di maps sampai akhirnya saya menemukan tempat wisata yang belum saya kunjungi. Dan tempat wisata itu bernama "Kebo Burangrang"

Kebo Burangrang merupakan area kawasan Hutan Pinus yang meskipun berada di daerah Wanayasa Purwakarta namun pengelola hutan tersebut berada di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Wanayasa, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cisalak, KPH Bandung Utara.

Ekowisata Kebo Burangrang terletak di daerah Kampung Pari Desa Sumurugul Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Ekowisata ini sebetulnya sudah dibuka di bulan Desember 2020 dan karena situasi pandemi yang semakin meningkat jumlahnya dan berpengaruh pada sektor pariwisata maka semua tempat wisata saat itu tutup. Dan semenjak September kemarin, area wisata di Purwakarta sudah dibuka kembali termasuk Kebo Burangrang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan