Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah dunia saya

ASN di Sekolahan, Penulis di Kompasiana, Penulis Diary, Traveller, Goweser, Admin Warga Kota

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Sport Center Purnawarman, Pusatnya Kegiatan Olahraga Kabupaten Purwakarta

10 September 2021   18:57 Diperbarui: 10 September 2021   22:00 267 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sport Center Purnawarman, Pusatnya Kegiatan Olahraga Kabupaten Purwakarta
Stadion Purnawarman. Foto : dokumentasi pribadi

Purwakarta terus berbenah.

Di bawah kepemimpinan Bupati cantik, pekerja keras dan punya dedikasi tinggi untuk daerahnya, Ambu Hj. Anne Ratna Mustika, Kabupaten Purwakarta terus mengalami banyak pembenahan di berbagai sektor terutama yang berhubungan dengan masyarakat. 

Salah satunya di sektor olahraga. Tujuannya adalah untuk menggali potensi atlet-atlet Purwakarta khususnya atletik dan sepakbola dengan merenovasi sarana olahraga agar digunakan untuk mereka latihan ataupun untuk event-event olahraga di Purwakarta.

Seperti diketahui, Kabupaten Purwakarta banyak mencetak atlet-atlet handal dari beberapa cabang olahraga yang prestasinya tidak hanya di tingkat daerah namun juga di tingkat internasional termasuk salah satunya cabang sepakbola yang telah mencetak banyak atlet muda dan beberapa diantaranya turut andil dalam kemenangan Timnas Indonesia pada final Fiala AFF U-16.

Pembinaan olahraga di Purwakarta sudah di mulai dari tingkat sekolah maupun klub olahraga. Adanya lomba-lomba antar sekolah maupun antar klub dari beberapa cabang olahraga kemudian banyak melahirkan atlet-atlet muda. Begitu pula dengan kehadiran klub olahraga yang kemudian banyak melahirkan atlet-atlet yang potensial dan mengharumkan kota Purwakarta.

Dikarenakan banyaknya potensi atlet-atlet termasuk atlet-atlet muda dari beragam cabang olahraga, maka pemerintah daerah berkomitmen untuk mendorong cabang olahraga yang berprestasi dengan membangun sarana olahraga ataupun memperbaiki sarana olahraga yang sudah ada agar lebih modern dan memadai. 

Untuk sarana olahraga, Purwakarta memiliki area yang memang dikhususkan sebagai pusat kegiatan olahraga. Seperti di untuk olahraga angkat besi yang terletak di daerah Cibening Kecamatan Bungursari, olahraga dayung yang latihannya dilakukan di Danau Jatiluhur. Sedangkan untuk olahraga lainnya, pusat kegiatan olahraga dipusatkan di wilayah yang dari dulu menjadi sport center Purwakarta.

Lokasi Sport Center Purwakarta terletak Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Purwakarta tepatnya di daerah Purnawarman. Selain terdapat banyak fasilitas yang sudah mengalami renovasi ataupun baru beberapa tahun dibangun, di lokasi ini terdapat pula Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga yang merupakan instansi pemerintah yang mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kepemudaan, olahraga, pariwisata dan kebudayaan.

Kini di Sport Center Purnawarman terdapat sarana olahraga diantaranya Gelanggang Olahraga untuk olahraga Indoor seperti bulutangkis, tenis, beladiri, basket,  anggar, futsal dan olahraga lainnya. Ada pula gelanggang renang, trek sepatu roda dan Stadion untuk atletik dan sepakbola.

Menurut Drs. Iwan Kartiwan selaku Kabid Olahraga Disporaparbud Purwakarta, Fasilitas olahraga yang ada di Sport Center Purwakarta mengalami renovasi di tahun 2016 kecuali Stadion Purnawarman yang baru direnovasi di tahun 2020 dan selesai renovasinya di tahun 2021. Saat ini penggunaan fasilitas olahraga dikhususkan pada pembinaan atlet dan tahun ini dikhususkan pada persiapan Babak Kualifikasi Porda Jawa Barat Tahun 2022.

Dan salah satu sarana olahraga yang baru saja mengalami renovasi besar-besaran adalah Stadion Purnawarman yang beberapa hari lalu tepatnya di tanggal 9 September 2021 yang juga merupakan hari olahraga nasional, Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika meresmikan wajah baru dari Stadion Purnawarman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan