Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Menulis adalah dunia saya

Pegawai Pemerintah di Sekolahan, Penulis di Kompasiana, Penulis Diary, Traveller, Goweser, Admin dan Penanggung Jawab Kegiatan Kompasiana Purwakarta (Warga Kota)

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

25 Tahun Ditemani Lagu Kita Dan Sheila On 7

11 Mei 2021   21:23 Diperbarui: 11 Mei 2021   21:34 210 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
25 Tahun Ditemani Lagu Kita Dan Sheila On 7
sumber foto : www.sheilaon7.com

Dan...
Dan bila esok datang kembali
Seperti sedia kala
Di mana kau bisa bercanda

Dan...
Perlahan kau pun lupakan aku
Mimpi burukmu
Di mana telah kutancapkan duri tajam
Kau pun menangis, menangis sedih
Maafkan aku

....

Lirik lagu ini pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia terutama yang berasal dari generasi 90-an. Lagu "Dan" dari salah satu band legendaris Indonesia yang masih eksis sampai saat ini yaitu Sheila On 7. Di tahun ini pula Band Sheila On 7 memasuki usia yang ke-25 tahun.

Band asal Yogyakarta yang lahir pada tanggal 06 Mei 1996 dengan nama awal "Sheila Gank" . Sheila Gank kemudian merubah nama bandnya menjadi "Sheila On 7". Dikutip dari website sheilaon7.com "Sheila" sebenarnya diambil dari nama teman SMA Eross yang juga adalah teman SD Adam dan Duta. Alkisah, saat pertama Adam dan Eross berkenalan dulu, Adam memanggil Eross dengan panggilan "temannya Sheila ya ?!", dan Eross pun menjawab "kamu temannya Sheila juga ya ?!", sehingga nama tersebut seringkali disebut dalam perbincangan mereka. Sedangkan "On 7" maksudnya adalah "pada 7 nada yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si". Sehingga nama "Sheila On 7" kira-kira artinya adalah teman-temannya "Sheila" yang memainkan 7 nada / memainkan musik. Nama Sheila Gank sendiri kemudian digunakan sebagai nama fans dari Sheila On 7.

Setelah berhasil mendapatkan kontrak rekaman dari Sony Musik, di tahun 1999 mereka pun meluncurkan album perdana mereka yang diberi judul Sheila On 7. Album perdana mereka berhasil meraih satu juta copy dan menjadi satu-satunya band yang berhasil meraih penjualan lebih dari satu juta copy untuk tiga album berturut-turut.

Personel awal Band ini adalah Duta, Eros, Adam, Sakti dan Anton. namun sejak tahun 2007, personelnya berubah setelah Brian yang dulunya Additonal Drummer kemudian menjadi personel tetap Sheila On 7.  Band Sheila On 7 selama 25 sudah menghasilkan 12 album termasuk album soundtrack film 30 hari mencari cinta, album The Very Best of Sheila On 7 dan album yang hanya di jual di Malaysia dan Singapura. Terakhir band ini meluncurkan album di tahun 2014 yang berjudul "Musim Yang Baik" dengan salah satu lagu andalannya adalah "Lapang Dada"

sumber foto : www.sheilaon7.com
sumber foto : www.sheilaon7.com
Lagu-lagu Sheila On 7 memang sangat easy listening, asyik didengarkan tidak hanya musiknya namun juga liriknya. Dari awal mendengarkan lagu "Kita" saya sudah langsung jatuh hati pada band Sheila on 7 dan makin jatuh cinta lagi ketika lagu "Dan" dibuat video klipnya. Lagu Sephia termasuk salah satu lagu hitsnya Sheila On 7. Liriknya menceritakan tentang kekasih gelap. Setelah lagu ini hadir, kata "Sephia" kemudian diidentikan dengan perselingkuhan. Selain banyak lagu hits, Group Band ini termasuk band yang sering membuat video klip untuk lagu-lagunya bahkan ada yang mencapai 5 dan 6 video klip hanya dari satu album. 

Tahun 1999 adalah tahun pertama saya masuk kuliah dan tinggal di luar kota. Musik dan film menjadi teman setia saya saat itu.  Di tahun 1999 -- 2000an selain lahirnya Band Sheila On 7 juga lahir bintang baru yaitu Dian Sastrowardoyo pemenang Gadis Sampul 1996. Saat itu selain berprofesi sebagai model majalah dan model video klip, Dian juga sempat membintangi Film Bintang Jatuh. Sebelum terkenal karena perannya sebagai Cinta di Film AADC, Dian didaulat menjadi video klip Sheila On 7 untuk dua lagu yaitu Anugrah Terindah yang Pernah Kumiliki dan Jadikan Aku Pacarmu (JAP). Dan video klip JAP termasuk yang paling saya sukai.

sumber foto : www.hai.grid.id
sumber foto : www.hai.grid.id
Lagu Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki adalah lagu yang menjadi pilihan pertama ketika saya berlatih gitar karena chornya hanya ada 2 kunci yaitu G dan C. Waktu itu teman yang menjadi pelatih gitar saya meminta saya untuk terus berlatih lagu itu sebelum berlatih lagu lainnya.

Lagu Sahabat Sejati dan Kita Sheila On 7 menjadi lagu yang sering diperdengarkan ketika saya menghabiskan waktu bersama sahabat-sahabat saya waktu kuliah dulu. Bahkan menjadi lagu kebangsaan genk-genk pertemanan saat itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x