Mohon tunggu...
Muh Iqbal Awaludien
Muh Iqbal Awaludien Mohon Tunggu... Penulis konten suka-suka

Berbagi informasi dan gagasan. Tergila-gila pada sastra, bola, dan sinema. www.penyisirkata.blogspot.com Email: iqbalawalproject@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola

Luput dari Pemberitaan, Transfer 5 Pemain Ini Justru Mengubah Sejarah Klub

19 Juli 2017   11:07 Diperbarui: 19 Juli 2017   11:29 459 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Luput dari Pemberitaan, Transfer 5 Pemain Ini Justru Mengubah Sejarah Klub
Denilson, salah satu pembelian mahal yang gagal. (thesefootballtimes.co)

Ada ungkapan price never lies.Tingginya harga menjaminan sebuah kualitas, termasuk dalam dunia sepakbola seperti aktivitas transfer atau penjualan dan pembelian pemain. Akan tetapi, fakta di lapangan tak jarang berkata lain, meski gembar-gembor berita tak pernah berhenti menginformasikannya.

Salah satu contohnya menimpa Denilson saat pindah dari Sao Paolo ke Real Betis dengan mahar seharga 21,5 juta poundsterling tahun 1998. Digadang-gadang oleh media akan menjadi mega bintang dan membawa klub dari Andalusia tersebut ke papan atas La Liga, ia justru tak mampu memenuhi ekspektasi. Denilson biasa saja. Tak mencapai puncak seperti kompatriotnya di Brasil, Ronaldo dan Rivaldo yang sama-sama berkarier di La Liga dilansir Worldsoccer.com (13/01/2012).

Andrea Pirlo

Kepindahan Pirlo dari Inter Milan ke AC Milan tahun 2001 seperti dianggap angin lalu oleh media-media Italia. Padahal sejak dulu kepindahan pemain antara dua klub rival abadi ini selalu menjadi headline di seluruh Italia bahkan dunia, seperti yang terjadi terhadap Clerence Seedorf ataupun Roberto Baggio. Kedatangan ke AC Milan pun dianggap tak terlalu penting, sebab di sana telah ada Rui Costa, Rivaldo, Demetrio Albertini, dan Massimo Ambrosini. Tapi di bawah tangan dingin Carlo Ancelotti, Pirlo-lah yang menjadi aktor utama, seorang maestro, dirigen yang menentukan jalannya permainan.

www.bola.net
www.bola.net
Perannya sebagai deep-lying midfielder, pemain yang pernah dipinjamkan ke Reggina dan Brescia ini mengubah standar sepak bola dunia, bahwa posisi ini kian penting sebagai pemotong serangan lawan, pusat pendistribusian bola, dan pengatur tempo permainan dilansir Fourfourtwo.com (07/03/2017). Hingga saat ini AC Milan terus mencari penggantinya untuk mengembalikan kejayaan, sayangnya belum berhasil.

Nemanja Vidic

dailymail.co.uk
dailymail.co.uk
Mungkin masih banyak orang mengernyitkan dahi saat Sir Alex mentransfer pemain asal Serbia ini dari Spartak Moskow tahun 2006. Siapa dia dibanding defender-defenderkelas dunia saat itu seperti Fabio Cannavaro, Alessandro Nesta, Lillian Thuram, William Gallas, ataupun Rio Ferdinand -- yang kelak menjadi duet sejatinya. Harganya pun tidak terlapau mahal, hanya 7 juta Poundsterling. Tak heran pindahnya Vidic luput dari pemberitaan, karena di Liga Inggris saat itu lebih menyorot 'pembangunan' Chelsea di bawah Abramovich. Tapi jasanya buat Red Devils, tak bisa dipandang sebelah mata. Dialah salah satu aktor utama kejayaan periode kedua Manchester United setelah "Class 92". Bahkan Vidic dianggap 10 pembelian terbaik Sir Alex sepanjang masa seperti dilansir Bola.com (23/09/2016).

Ronaldinho

readfootball.com
readfootball.com
Ronaldinho ditebus dengan mahar 30 juta Euro dari PSG ke Barcelona tahun 2003. Cukup mahal memang, tapi untuk talenta seperti dia itu kiranya sepadan. Lihatlah apa yang dia berhasil lakukan, membawa Barcelona kembali ke kejayaan dan menghibur publik sepak bola seluruh dunia dengan olah bolanya yang ciamik. Anehnya, kepindahan Ronnie, panggilan akrabnya cukup sepi dari pemberitaan. Pasalnya saat itu, orang lebih banyak membicarakan transfer David Beckham dari Manchester United ke Real Madrid. Luput dari pemberitaan tapi berdampak besar, hingga fans El Realpernah melakukan standing ovation buatnya di Santiago Berbabeu.

Vincent Kompany dan Frank Lampard

Nama lainnya adalah Vincent Kompany saat ditransfer dari Hamburg SV ke Manchester City tahun 2008. Hingga saat ini, ia sudah berhasil membawa the Citizens juara tahun 2011/2012 dan 2013/2014, gelar yang telah ditunggu lebih dari 40 tahun yang lalu sejak terakhir juara tahun 1967/1968. Siapa yang tahu dia ditransfer hanya seharga 6 juta Pounsterling. terpaut 26,5 juta dari Robinho yang ditransfer Manchester Biru dari Real Madrid pada tahun yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x