Mohon tunggu...
Minda Wati
Minda Wati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Make a wish

hit the floor

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PPKM Jadi Malas Olahraga? Ini Solusinya!

25 Juli 2021   12:06 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:25 80 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PPKM Jadi Malas Olahraga? Ini Solusinya!
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi covid 19 yang masih berlajut hingga sekarang ini menyebabkan kerugian yang besar bagi semua orang. Apalagi sekarang sedang terjadi lonjakan kasus covid 19, yang mengharuskan Pemerintah untuk segera mengambil kebijakan guna mengurangi kasus lonjakan covid 19 ini. 

Dan pada akhirnya Pemerintah memutuskan untuk memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang di mulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus untuk wilayah di Pulau Jawa dan Bali. Kebijakan ini memang mengurangi aktivitas masyarakat terutama dalam berolahraga, karena yang biasa pergi ke tempat gym hingga yang sering berolahraga di luar rumah menjadi terhambat.

Lapangan olahraga yang biasanya tidak pernah sepi pengunjung, sekarang bahkan tidak dibuka lagi untuk umum atau dengan kata lain di tutup sementara. Hal ini menyebabkan sebagian orang menjadi malas untuk ber olahraga karena ada yang memang suka atau gemar olahraga sepak bola saja, atau basket dan masih banyak lagi olahraga yang biasa dilakukan di lapangan. 

Selain itu, berolahraga akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama dengan teman maupun keluarga. Sambil saling berbincang-bincang membahas berbagai macam hal, hingga akan merasa lebih bersemangat jika melakukan olahraga bersama dengan orang lain daripada sendiri. Akan tetapi, meskipun kita tidak bisa berolahraga di luar rumah, itu bukan menjadi alasan kita untuk ber malas-malasan di rumah.

Para ahli dari WHO pun turut menganjurkan agar setiap orang melakukan olahraga di rumah minimal 30 menit setiap harinya di masa pandemi covid 19. Itu merupakan salah satu cara memperkuat sistem imun tubuh manusia supaya tetap sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Olahraga juga mempunyai manfaat meningkatkan kinerja antibodi dan merangsang pembentukan sel-sel imun untuk bekerja secara maksimal. Dan sebenarnya kita tidak perlu bingung hendak melakukan olahraga apa di rumah. Karena banyak sekali olahraga yang dapat kita lakukan di rumah, salah satunya yaitu workout.

Olahraga yang satu ini sering kita jumpai di youtube, karena memang banyak sekali channel youtube yang khusus membahas hingga mempraktik kan workout itu sendiri. Jadi selama PPKM ini kita dapat memanfaat kan platform video online yang dapat kita akses melalui handphone atau gadget kita. Workout merupakan latihan fisik berupa aktivitas yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan atau memelihara kebugaran tubuh. 

Latihan fisik itu sendiri jika dilakukan dengan cara yang benar dan konsisten akan sama efektifnya dengan olahraga di gym. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari workout, seperti membakar kalori dalam tubuh, metabolisme tubuh meningkat, membantu menurunkan berat badan, hingga membentuk otot badan. Workout dari berbagai macam, contoh umum yang sering kita jumpai, yaitu Yoga, pilates, dan senam irama.

1.Yoga

Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Olahraga yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat seperti Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh, mengurangi resiko akibat penyakit kronis, membantu mengurangi stres hingga meningkatkan keseimbangan serta dapat menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin dan diimbangi dengan pola makan yang sehat. Selain itu banyak jenis yoga yang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, seperti bikram yoga, hatha yoga, yoga retoratif dan masih banyak lagi.

2.Pilates

Olahraga yang selanjutnya adalah pilates. Pilates adalah versi yang lebih modern dari yoga. Pilates merupakan bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Manfaat yang dapat kita dapatkan seperti, menguatkan otot inti tubuh, mengoreksi postur tubuh, mencegah dan mengurangi sakit akibat cedera, hingga menajamkan tingkat ke fokusan kita. Persamaan pilates dengan yoga adalah sama-sama membawa pemahaman bahwa tubuh dan pikiran adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN