Mohon tunggu...
Eka Saripudin
Eka Saripudin Mohon Tunggu...

It's New Me... menulis, menulis dan menulis walau masih Newbie. my lovely place: http://yayrahmah.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peradaban berawal dari individu

14 Juli 2013   00:38 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:35 114 0 0 Mohon Tunggu...

jika kita berbicara mengenai peradaban kita akan di hadapkan pada sebuah pertanyaan “apa yang membentuk peradaban?” kita akan mencari literatur2 dari literatur kuno sampai dengan modern untuk mendefinisikan sebuah arti kata yaitu peradaban.

peradaban itu dibentuk bukan oleh kekuasaan atau harta kekayaan, peradaban dibentuk oleh setiap pribadi yang dirinya senantiasa membiasakan diri untuk membangun suatu pemahaman antara satu dengan yang lainya. memang tidak terlepas dari kepemimpinan yang ada, ketika pemimpinya mengawal setiap langkap perkembangan dari setiap individu rakyatnya.

perdaban berawal dari pemahaman, semakin dalam keilmuan seseorang maka akan lahir peradaban yang tinggi tapi jika peradaban berawal dari pemahaman yang dangkal maka akan lahir peradaban yang berdasarkan kerasnya otot dan hilanglah pemikiran jernih.

pemahaman itu bisa di kembangkan, dia bukan bakat yang hanya dimiliki oleh segelintir orang tidak. pemahaman itu bisa terus ditingkatkan hingga tidak tak terbatas tergantung dari individu itu sendiri, ketika dia sadar akan pentingnya sebuah pendidikan dia akan berusaha semaksimal mungkin agar dia mendapatkan pendidikan. pendidikan disini tidaklah mesti pendidikan formal, pendidikan informalpun memberikan andil yang sangat besar dalam perkembangan pemahaman seseorang.

kenapa saya menulis hal ini, karena saya tergera ketika saya membaca sebuah artikel berita yang berjudul Desa Melek Internet (http://sorot.news.viva.co.id/news/read/428514-melung–kisah-sebuah-desa-internet) saya teringat dengan Yayasan (http://www.yayrahmah.wordpress.com) yang membimbing anak-anak tidak mampu untu menggapai cita-cita mereka yang sebelumnya sempat redup dikarenakan ketidak mampuan orang tua atau ketiadaan orang tua. Pembina di yayasan itu selalu menghimbau kepada setiap anak untuk selalu belajar dan belajar apapun sekecil apapun, termasuk belajar menolong orang lain tanpa harus membedakan saudara, oranglain, warna kulit, agama bahkan paham keagamaan.

kembali kepada Desa melek internet, sungguh luar biasa terobosan kepala desa untuk membuka wawasan warga desanya. terus terang penulis belum mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai latar belakang desa dan kepala desa Super Hero itu. inilah pemimpin yang patut di contoh oleh siapapun dimana pun selalu mementingkan warganya bukan akunya sendiri.

Rekan-rekan peradaban memang berasal dari pemahaman, mari kita tingkatkan pemahaman kita tentang kehidupan, persaudaraan, tentang makhluk hidup, tentang sosial sense dan tentang ekonomi tentunya. semakin banyak yang sadar akan pentingnya sebuah peradaban yang berasal dari sebuah pemahaman maka yakinlah dengan janji Allah SWT., apakah sama antara orang yang berilmu dengan tidak berilmu. dan Allah akan senantiasa mengangkat derajat orang orang berilmu diantara kalian. bayangkan ketika kita semua menjadi orang yang berilmu yang tentunya dibidangnya masing-masing, sungguh luar biasa bukan?

apa sajakah yang dapat meningkatkan pemahaman seseorang?:

1. Membaca buku, Menonton Film, mendengarkan tausiah,

2. Bersosialisasi,

3. Tidak Gaptek,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x