Mohon tunggu...
Minar Kartika Panjaitan
Minar Kartika Panjaitan Mohon Tunggu... Lainnya - Menyukai menulis, jalan jalan dan kegiatan sosial

Aktifitas wiraswasta, pengembangan masyarakat, menyukai travelling, menulis, ibu rumah tangga,

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

JNE Berbagi Kebahagiaan untuk Majukan UMKM

7 Desember 2021   06:26 Diperbarui: 7 Desember 2021   06:29 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Era digital semakin dirasakan auranya saat bumi dilanda pandemi, berbagai kegiatan manusia sudah beralih menggunakan teknologi dan mulai menggeser aktifitas yang dilakukan secara tradisional. Termasuk dalam hal berbelanja. Banyaknya marketplace membuat masyarakat sudah jadi lebih mudah untuk melakukan transaksinya. Kalau dulu pengertian pasar adalah tempat dimana pembeli bertemu dengan penjual secara langsung, saat ini marketplace dalam dunia digital mempertemukan penjual dan pembeli secara tidak langsung, Si A akan membeli produk yang dijual si B walaupun, diantara mereka belum pernah saling bertemu.

Uniknya model berbelanja digital ini adalah, komunikasi tetap dilakukan oleh sipembeli dan sipenjual dengan fitur-fitur modern yang ditawarkan marketplace. Berbagai marketplace pun dapat dengan mudah diakses, mulai dari makanan, kebutuhan sehari-hari, alat-alat elektronik sampai obat-obatan. Pembeli dapat dengan mudah memilih penjual yang menawarkan harga yang kompetitif sesuai dengan kebutuhannya.

Dibalik semua itu, kita harus menyadari ada bapak kurir yang setia akan mengantarkan kebahagiaan itu sampai ke depan pintu kita. JNE hadir untuk melayani masyarakat sampai ke pelosok negeri, memastikan bahwa pesanan kita dapat diterima dengan baik dan dengan harga terjangkau pula.

Sejak masa pandemi, saya sudah beralih dalam hal cara berbelanja, sebagai ibu rumah tangga dan juga sebagai pekerja, berbelanja online adalah hal yang sangat membantu aktivitas sehari-hari, saat peraturan pemberlakuakn level 4 di kota saya, terasa sulit untuk beraktifitas bebas seperti sedia kalanya, Belum lekang dari ingatan saya, pada saat itu mal tutup dan pusat perbelanjaan tidak buka, Padahal saya ingin membeli baju untuk anak saya, karena tanpa terasa karena tidak pergi kemana-mana sudah mulai kekecilan, Berbelanja online menjadi andalan saya, selain saya bisa memilih prodeuk sesuai kebutuhan. Berbelanja terasa lebih mudah, hemat waktu tanpa harus menambah pengeluaran biaya transportasi.

Apalagi saat ini didukung oleh pengiriman JNE yang membuat pengiriman lebih mudah dan cepat sampai, Sebelum pandemi sempat berfikir hal yang berat untuk berbelanja online adalah biaya kirim, namun saat ini hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi. Jasa pengiriman menawarkan ongkos kirim yang hemat bahkan gratis. Terkadang produk yang kita beli lebih murah jika dibeli secara online daripada secara langsung. Salaha satunya contohnya adalah JNE dengan mottonya "connecting hapiness" kita dapat merasakan kebahagiaan dan membagikan kebahagiaan kepada orang lain.

Saya berusaha untuk mendukung UMKM, dengan membeli produk-produk lokal yang dijual dan ditawarkan. Harganya selain lebih murah dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Beberapa teman-teman saya adalah pelaku UMKM dimana usahanya didaftarkan pada salah satu marketplace, dalam hal ini saya sering membagikan postingannya pada media sosial saya (tentunya setelah mendapat ijin dari pemiliknya) lalu menawarkan produk tersebut pada teman-teman dekat dan keluarga. Beberapa kali saya posting pada status saya, dan para tetangga memesan produknya.

Sebagai contoh pengalaman saya sebagai partisipasi untuk memajukan UMKM adalah saya membeli kebutuhan seperti pakaian, sarung bantal, bantal dan dekorasi ruang tamu, saya beli dari tokonya. kebetulan usaha teman saya adalah konveksi, Saya berbelanja dari usahanya dan sekaligus saya jadikan sebagai contoh produk, dimana saya akan tunjukkan kepada calon pembeli yang bertanya dan tertarik dengan produknya. Syukurnya secara kualitas, produk yang ditawarkannya baik dan dijamin kuat. Sehingga sudah berapa kali saya berhasil menjualnya kembali kepada orang-orang terdekat saya.

Bangkit dari keterpurukan akibat pandemi yang menghantam, dapat dilakukan secara bersama dengan meningkatkan solidaritas dan kesadaraan kita untuk mendukung usaha-usaha bersama. Kiranya UMKM semakin terdepan dan gagah menantang badai, juga partisipasi JNE untuk mengantarkan kebahagiaan itu didepan pintu kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun