Mohon tunggu...
M Imdad
M Imdad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Assalamualaikum

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO

3 Agustus 2021   09:45 Diperbarui: 3 Agustus 2021   10:23 145 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO
Video cara pembuatan hand sanitizer di youtube/Dokpri

Pati (30/7/2021) – Pandemi covid-19 masih membuat geger orang-orang di seluruh dunia. Adanya pademi covid-19 membuat  aktivitas manusia serba terbatas. Seperti halnya di negara Indonesia, kasus covid-19 masih melonjak tinggi dan menghantui seluruh warga Indonesia. 

Tingginya kasus covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah melakukan trobosan-trobosan agar bisa segera mengakhiri pandemi covid-19 ini. 

Diberlakukannya kebijakan kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 seperti lockdown, psbb, atau ppkm semakin membuat warga tidak dapat melakukan aktivitasnya secara normal, termasuk juga mahasiswa KKN Undip dalam melakukan kegiatannya.

Virus corona harus dihindari dengan menerapkan 5M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, ketersedian obat obatan dan alat kesehatan tergolong langka karena permintaan pasar meningkat, termasuk juga hand sanitizer. 

Ketersediaan hand sanitizer di pasaran tergolong langka dan harganya relative mahal. Selain itu banyak juga kandungan bahan didalamnya yang kurang efektif untuk digunakan. Oleh karena itu Imdad yang merupakan mahasiswa KKN Undip mengajarkan cara membuat hand sanitizer sesuai standar WHO.

Harga hand sanitizer dipasaran melambung tinggi/Dokpri
Harga hand sanitizer dipasaran melambung tinggi/Dokpri

“Ketersediaan hand sanitizer di pasaran tergolong langka dan harganya relative mahal. Selain itu banyak juga hand sanitizer yang kandungan bahan bahan didalamnya tidak sesuai dengan standar sehingga kurang efektif untuk digunakan. 

Dengan adanya pelatihan pembuatan hand sanitizer standar WHO ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga dapat membuat hand sanitizer sendiri, lebih mudah, lebih murah, dan lebih aman.” ujar Imdad.

Kegiatan pelatihan pembuatan hand sanitizer sesuai standar WHO ini dilakukan secara online karena masih dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 dan juga menindaklanjuti surat edaran kebijakan KKN bahwa kegiatan KKN harus dilaksanakan full online. 

Mahasiswa KKN membuatkan video tutorial pembuatan hand sanitizer beserta penjelasanya kemudian mengupload video ke youtube, setelah itu membagikan tautan kepada warga melalui WhatsAap. Tujuan diuploadnya video ke youtube agar lebih banyak masyarakat yang melihat supaya memberikan lebih banyak manfaat.


“Hand sanitizer yang kita buat ini efektif digunakan ketika berpergian, namun jika tersedia tempat cuci tangan lebih disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hand sanitizer yang kita buat ini juga sangat aman karena berasal dari sumber yang terpercaya sudah sesuai dengan standar WHO” ujar Imdad.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan