Mohon tunggu...
Milva Irawati Sitompul
Milva Irawati Sitompul Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara - Medan Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas KKN-DR, saya dari kelompok 173 dengan DPL Dr. Junaidi Arsyad, MA.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bagaimana Hidup Sehat untuk Mencegah Covid-19 di Masa New Normal?

11 Agustus 2020   17:39 Diperbarui: 11 Agustus 2020   17:46 23 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Hidup Sehat untuk Mencegah Covid-19 di Masa New Normal?
featured-image-610603208-cartooncharacterstayhomesocialdistancingconceptnewnormallifestyleworkfromho-5f3270b9d541df140a655da2.jpg

Infeksi Coronavirus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Virus ini menyerang saluran pernapasan manusia, yang menyebabkan flu biasa hingga radang paru-paru. Coronavirus ini pertama kali ditemukan pada akhir tahun 2019 di Wuhan, Cina. Maka dari itu ada sebagian orang menyebut virus ini dengan sebutan Wuhan virus.

Sampai saat ini masih terus bertambah jumlah pasien positif virus corona. Dilansir dari data corona.go.id pada hari Senin, kasus yang dinyatakan positif Covid-19 di Indonesia bertambah 1.500 lebih kasus sehingga total menjadi 125.000 lebih kasus. Jumlah pasien sembuh bertambah 1.200 lebih kasus. Kasus kematian bertambah 42 orang. Total kasus kematian menjadi 5.700 lebih orang.

Sampai saat ini, belum ditemukan obat atau vaksin yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona ini. Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat masyarakat untuk tidak menganggap enteng penyakit yang sedang mewabah ini, dan WHO juga menyarankan untuk selalu memalukan mpencegahan dini. Diantaranya adalah dengan sering-sering mencuci tangan dan memalukan jaga jarak di tempat keramaian.

Dengan adanya wabah Covid-19 ini, kehidupan masyarakat tiba-tiba berubah total teruma pada biang perekonomian. Mengapa demikian? Karena semenjak terjadinya wabah ini, masyarakat harus berdiam diri dirumah, tidak diperbolehkan pergi kemana-mana kecuali dalam keadaan mendesak. Kebijakan ini dianjurkan oleh pemerintah guna untuk mencegah terjadinya penularan wabah virus corona semakin meluas.

Perubahan hidup yang drastis ini tentu sangat berdampak bagi semua kalangan masyarakat. Karena dengan berubahnya aktivitas masyarakat membuat usaha-usaha banyak yang sepi bahkan sampai ditutup. 

Seiring berjalannya waktu, tetap tinggal didalam rumah saja seperti anjuran pemerintah nyatanya tidak bisa selamanya untuk diterapkan, karena masyarakat butuh mencari nafkah. Disinilah pemerintah dan beberapa negara melonggarkan kebijakan terkait mobilitas warganya, agar masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti pada umumnya sebelum ada virus corona tetapi dengan menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Jika kita berbicara tentang new normal, apakah anda tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan new normal? Dilansir dari compas.com, menurut Wiku Adisasmita Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 beliau mengatakan bahwa, new normal merupakan perubahan sikap dan perilaku masyarakat dalam menjalankan aktivitas pada umumnya yang biasa mereka lakukan agar tetap berjalan dengan lancar namun harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah yang berguna untuk mencegah penularan covid-19.

Dengan anjuran diterapkannya kebijakan new normal, masyarakat yang tadinya dirumah saja sekarang bisa kembali beraktivitas seperti biasanya, seperti bekerja tidak lagi dari rumah namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun walaupun begitu, masih banyak masyarakat yang merasa khawatir jika beraktivitas dari luar.

Lantas bagaimana cara untuk menjaga pola hidup yang sehat dan bersih di era new normal sekarang, selain menjalankan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah agar tidak mudah tertular virus Covid-19 ini?

Tubuh yang sehat merupakan bagian yang paling berharga karena tubuh yang sehat merupakan penunjang untuk kehidupan yang lebih lama. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangatlah penting, mengingat masa pandemi seperti ini kesehatan yang paling utama. Kebiasaan menjaga pola hidup yang sehat dan bersih baru benar-benar dilaksanakan oleh masyarakat sejak adanya pandemi virus Corona ini. Berikut merupakan beberapa pola hidup sehat yang harus diterapkan dimasa new normal sekarang ini:

  • Bersihkan permukaan benda yang sering disentuh. 
    Bersihkanlah barang-barang atau benda yang sering kamu sentuh dengan cairan diinfektan. Misalnya, handohone kamu yang memiliki banyak sekali kuman karena terlalu sering digunakan.
  • Mulailah banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi. 
    Nutrisi yang harus dipenuhi oleh manusia setiap harinya adalah, karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dan air. Dalam menjalankan hidup sehat harus diseimbangkan dengan pola makan yang sehat juga.
  • Berolahraga.
    Selama beberapa bulan dirumah saja, tidak beraktivitas akan menimbulkan stres. Dalam kesempatan yang banyak ini marilah berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat walaupun dirumah aja, karena dengan berolahraga tubuh kita akan menjadi bugar dan siap menghadapi era new normal.
  • Istirahat yang cukup.
    Manusia dianjurkan untuk tidur minimal 6-8 jam perhari. Dengan tidur yang cukup maka daya tahan tubuh kita tidak akan melemah, dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Gunakan masker.
    Pada saat sekarang ini menggunakan masker adalah hal yang wajib jika ingin pergi keluar rumah. Karena dengan menggunakan masker kita dapat terhindar dari orang yang mungkin batuk dan sudah terinfeksi oleh covod-19 dan bisa mencegah penularan virus kepada orang lain.
  • Selalu cuci tangan.
    Setelah menyentuh benda-benda di ruang publik, pastikan anda mencuci tangan dengan air dan sabun. Dan jika perlu dilanjutkan dengan menggunakan hand sanitizer.
  • Tetap menerapkan physical distancing.
    Walaupun sudah new normal, pastikan tetap jaga jarak dengan orang lain pada saat di tempat umum. Pastikan jangan terlalu dekat dengan orang lain kecuali memang harus.

Jadi, jika ingin hidup normal seperti sebelum adanya virus corona seperti sekarang ini, patuhilah anjuran pemerintah dalam menjalankan new normal, jangan langgar aturan protokol kesehatan jika sedang di tempat umum, misalnya di kereta api atau tempat perbelanjaan. Jika kita terus menjalankan aturan pemerintah dan sadar bahwa virus ini berbahaya, maka mudah-mudahan wabah ini bisa cepat selesai.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x