Mohon tunggu...
Edukasi

KKN 94 UMM Siap Membantu SDN Banjarsari 02 Menuju Akreditasi

27 Juli 2018   15:57 Diperbarui: 27 Juli 2018   15:59 166 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN 94 UMM Siap Membantu SDN Banjarsari 02 Menuju Akreditasi
salah satu mahasiswa KKN sedang mengajar di kelas (Doc.Pribadi)

Akreditasi merupakan suatu proses penilaian untuk membuktikan kredibilitas sebuah sekolah. Hal tersebut yang saat ini sedang dipersiapkan oleh SDN Banjarsari 02 yang berlokasi di Dusun Kedawung, Desa Banjarsari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. 

Rencananya akreditasi akan dilaksanakan pada akhir Bulan Juli. Namun, sampai saat ini belum ada sosialisasi dari pemerintah terkait dengan akreditasi. Walaupun begitu, sejak memasuki tahun ajaran baru 2018/2019 SDN Banjarsari 02 sudah mempersiapkan persyaratan untuk akreditasi dengan baik.

Karena terbatasnya jumlah guru dan staff, SDN Banjarsari 02 sempat merasa kewalahan dalam mempersiapkan akreditasi. Untungnya, persiapan akreditasi ini bertepatan dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 94. Hal ini  merupakan kesempatan bagi SDN Banjarsari 02 dan KKN kelompok 94 untuk saling bekerjasama. 

Bagi mahasiswa KKN kelompok 94 terutama Divisi Pendidikan dapat merealisasikan program yang sudah dirancang sebelumnya. Sedangkan bagi SDN Banjarsari 02, kehadiran mahasiswa KKN kelompok 94 bisa membantu dalam mempersiapkan akreditasi. Upaya yang dilakukan diantaranya adalah membantu pengisian data-data sekolah, berpartisipasi dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan kurikulum 2013, serta mengembangkan kreatifitas siswa siswi melalui kesenian tari, membatik, dan menyanyi.

Ibu Sri Winarti selaku Kepala Sekolah SDN Banjarsari 02 mengatakan bahwa adanya mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Malang sangat membantu dalam persiapan akreditasi sekolah mulai dari melengkapi data-data, mengembangkan kesenian, mempersiapkan lomba, hingga menyediakan bimbingan belajar untuk para siswa. Hal ini juga sejalan dengan tanggapan dari Septia Nita selaku ketua Divisi Pendidikan. Dia mengungkapkan, "Kami merasa sangat senang karena bisa merasakan bagaimana caranya mengajar, mendidik para siswa, dan tahu bagaimana menghadapi anak-anak kecil".

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa KKN kelompok 94 dapat berkontribusi dengan maksimal dalam dunia pendidikan terutama di Dusun Kedawung Desa Banjarsari. (Ter/red)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x