Mohon tunggu...
Milda Lase
Milda Lase Mohon Tunggu... Guru - Menulis membantu mengurai benang kusut di dalam pikiran kita.

Dilahirkan untuk memaknai hidup dengan setiap jengkal kesempatan yang diberikan oleh Tuhan.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

6 Manfaat Merajut bagi Anak

11 Juli 2021   15:06 Diperbarui: 11 Juli 2021   15:20 1121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.littlerockfamily.com

Apakah anda orangtua yang membutuhkan alternatif kegiatan bersama anak yang dapat dikerjakan di rumah saja? Selama pandemi ini, orangtua pastinya harus lebih kreatif untuk menghadirkan kegiatan bermanfaat untuk anak-anak selain bermain dengan gawai di rumah.

Saya merekomendasikan kegiatan merajut. Menurut pandangan umum. ‘Merajut ‘kan kegiatan orang lanjut usia?’ Eits, jangan salah. Justru mereka yang merajut di usia lanjut belajar merajut semasih muda. Saya merekomendasikan merajut bagi kita yang cukup taat untuk di rumah saja karena sudah pasti ada manfaatnya.

Merajut, biasanya juga disebut merenda, dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah crochet dan knitting. Sejauh pengalaman saya, kata merajut digunakan untuk kedua istilah asing sebelumnya. Namun dalam bahasa Inggris istilahnya dibedakan berdasarkan alat dan teknik yang digunakan. Jika crochet menggunakan satu alat yang bernama hakpen/jarum rajut atau hook, di sisi lain knitting (breien, bahasa Belanda/Jerman) menggunakan dua jarum lurus yang saling mengaitkan benang untuk menghasilkan karya-karya yang menarik dan bermanfaat.

Dalam tulisan saya sebelumnya, saya pernah menyinggung tentang beberapa hal yang pernah diajarkan oleh ibu saya, salah satunya adalah merajut. Saya diajar oleh ibu saya merajut, ketika masih di sekolah dasar kelas 5. Bahkan sebelum itu, ibu saya juga mengajarkan keterampilan-keterampilan tangan lainnya seperti menyulam, kristik, membuat bunga dari pita. Merajut-lah yang saya tekuni sebagai salah satu hobi hingga saat ini.

Beruntung sekali jika moms atau dads memiliki kemampuan merajut, tapi jangan berkecil hati jika tidak, saat ini waktunya belajar. Jika moms atau dads sibuk ada juga banyak referensi online maupun offline yang dapat dipakai untuk belajar tergantung preferensi masing-masing.

Local Family-Friendly Knitting Class | Shrewsbury, MA (shrewsburydentist.com)
Local Family-Friendly Knitting Class | Shrewsbury, MA (shrewsburydentist.com)

Saya telah merasakan manfaatnya sejak kecil dan juga telah mengajarkannya kepada anak saya, karena itu saya ingin berbagi 5 manfaat yang anak-anak anda dapatkan dari kegiatan ini.

1. Ketenangan

Memang pada awalnya, ketika baru belajar merajut pasti ada perasaan tidak tenang dan tidak sabar. Namun jangan menyerah karena justru setelah bertahan sebentar hasilnya adalah kesabaran dan ketenangan. Bagaimana mungkin? Jika anak sudah tiba pada tahap otomatis atau sudah dapat menerapkan satu atau dua tusuk tanpa berpikir lagi, ada semacam terapi yang dapat kita rasakan dari gerakan berulang tersebut. Sama seperti gerakan menepuk belakang anak, mengelus-elus kepala atau mengetuk-ngetukkan jari di meja, demikianlah gerakan berulang itu dapat menjadi terapi yang menghasilkan ketenangan. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa hal ini dapat menjadi terapi pemulihan buat yang sedang mengalami kedukaan.

2. Kesabaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun