Mohon tunggu...
Miftakhul Firdaus
Miftakhul Firdaus Mohon Tunggu... -

MANUSIA DENGAN SEGALA KETERBATASAN....

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Penggunaan Media Uang Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kalisabuk 2

29 September 2012   02:56 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:31 10020
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pendahuluan

Media digunakan untuk mendukung terciptanya tujuan pembelajaran yang baik. Penggunaan media dalam pelaksanaan pengajaran akan membantu kelancaran, efektifitas dan efesiensi pencapaian tujuan. Bahan pelajaran yang dimanipulasikan dalam bentuk media pengajaran menjadikan anak seolah-olah bermain, asyik dan bekerja dengan suatu media itu akan lebih menyenangkan mereka, dan pengajaran akan menjadi benar-benar bermakna. Media merupakan salah satu komponen yang tidak bisa diabaikan dalam pengembangan sistem pembelajaran yang sukses.

Salah bentuk media yang digunakan dalam bahasan uang dalam bentuk spesimen. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa diantaranya disebabkan oleh kurang pahamnya siswa pada materi pokok bahasan uang serta kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran matematika. Padahal pokok bahasan tersebut sangatlah penting sebagai bekal bagi seorang siswa kelak jika sudah dewasa dan hidup di tengah-tengah masyarakat. Uang merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Belanja, makan, minum, pakaian, rekreasi dan kebutuhan hidup yang lain membutuhkan uang.

Metode penelitian ini dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan Penggunaan media uang dalam pembelajaran matematika yaitu bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: 1) meningkatnya hasil pembelajaran matematika pada pokok bahasan uang pada siswa kelas III SD Negeri Kalisabuk 2, 2) mendeskripsikan penggunaan media uang yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan uang pada siswa kelas III SD Negeri Kalisabuk 2.

Menurut M.Khafid dan Suyati (2004: 118) Media uang dalam pembelajaran siswa usia dini digunakan untuk mengenalkan tentang nilai mata uang dalamkehidupan sehari-hari baik uang logam maupun uang kertas. Media uang yang peneliti gunakan dalam pembelajaran yaitu uang kertas dan uang logam.

Dimyati dan Moedjiono (2006: 3) memaparkan bahwa hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pengajaran dan kemampuan mental siswa. Setelah selesai mempelajari materi, diadakan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya, sebelum dilanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi.

Berdasarkan pendapat Padmono (2002: 37) menyatakan bahwa hasil belajar menunjukan perubahan yang berupa penambahan, peningkatan dan penyempurnaan perilaku. Sebagaimana dalam hasil belajar matematika, perubahan-perubahan tersebut sangat diperlukan agar pembelajaran matematika maksimal.

Dalam menilai hasil belajar matematika ada aspek yang harus diperhatikan yaitu: a) Hasil belajar matematika berupa pengetahuan dan pengertian, b) Hasil belajar matematika dalam bentuk kemampuan dan kelakuan sebagai warga negara yang baik, c) Hasil belajar matematika dalam bentuk kemampuan untuk menggunakan metode ilmiah dalam memecahkan masalah, d) Hasil belajar matematika dalam bentuk keterampilan dalam menggunakan alat-alat matematika.

Metode Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur/siklus. Tujuan PTK adalah memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang ditemukan di kelas III SD Negeri Kalisabuk 2. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2011 sampai dengan bulan Juni 2012.

Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus tiga pertemuan. Pada perencanaan tindakan dilakukan analisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar dan materi yang akan diajarkan dalam pelaksanaan penelitian, menyiapkan media gambar, menentukan observer, menyusun RPP, menyusun LKS, serta menyusun instrumen tes dan non tes. Kegiatan pembelajaran berlangsung di dalam kelas, siswa memperhatikan penjelasan guru, dan siswa diminta memperagakan penggunaan media gambar, berdiskusi serta menyampaikan hasil diskusi yang dilakukan.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal tes. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif.

Hasil Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tiga siklus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2011 sampai bulan Juni 2012 di Kelas III SD Negeri Kalisabuk 2. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi kegiatan awal, inti, dan akhir. Pada kegiatan awal, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai sebagai acuan bagi siswa. Dalam kegiatan inti, guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunaan media uang sebagai upaya dalam peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan uang. Siswa memperhatikan media uang yang ditunjukkan serta mendemonstrasikan secara individu dan kelompok. Untuk mengaktifkan siswa, guru mengajukan beberapa pertanyaan sesuai dengan materi yang dibahas serta menunjuk siswa untuk memperagakan penggunaan media uang. Ketika kegiatan diskusi kelompok, siswa sangat antusias dengan media-media uang yang digunakan.

Selamaproses pembelajaran, guru memberikan penilaian kepada siswa, baik dalam langkah penggunaan, kemudahan, keterampilan, ketepatan, dan langkah dalam menyelesaikan soal.Semakin baiknya langkah pembelajaran yang digunakan dan semakin siswa bersemangat belajar maka hasil belajar pun semakin meningkat. Pada Siklus I belum tampak ada peningkatan, terbukti dengan masih rendahnya persentase ketuntasan pada penilaian hasil yang dicapai siswa, sehingga masih perlu diperbaiki pada siklus II. Hasil pelaksanaan tindakan siklus II terjadi peningkatan yang cukup baik. Akan tetapi, peneliti merasa belum puas kemudian melanjutkan penelitian siklus III. Hasil siklus III sangat memuaskan sehingga peneliti mengakhiri penelitian tindakan kelas ini. Berikut Hasil Siklus I-III:

Tabel 1. Perbandingan Persentase Ketuntasan Penilaian ProsesSiswa Siklus I-Siklus III

Penelitian

Persentase Ketuntasan

Keterang-an

S 1

S 2

S 3

1

30%

50%

90%

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun