Miftahul Abror
Miftahul Abror -

seorang mahasiswa yang menempuh gelar sarjana di Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Akan Datang Bulan Ramadhan, Saatnya List do'a

8 Juni 2018   14:43 Diperbarui: 8 Juni 2018   15:24 420 1 0

Menyambut bulan Suci Ramadhan, apa yang harus dilakukan?

Mendekati bulan Suci Ramadhan, dimana adalah bulan yang sangat mulia dimana Allah SWT telah memberikan keistimewaan yang luar biasa di dalamnya. Bulan yang sangat dinanti dan ditunggu bagi setiap muslim yang beriman. Pada hari jum'at tanggal 4 mei 2018 Masjid Raudhah Solo menggelar Rutinan Pengajian seperti biasa yang diisi oleh alhabib Novel bin Muhammad Alaydrus. Dimajlis tersebut pembahasannya adalah dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Dalam pembahasannya, alhabib Novel bin Muhammad Alaydrus membahas tentang banyak hal mengenai keagamaan, seperti menasihatkan agar senantiasa rindu akan syurga Allah SWT, sehingga kita semakin bergairah dalam beribadah dan yang paling menarik dari penjelasannya adalah ketika alhabib Novel bin Muhammad Alaydrus berkata "dibulan Ramadhan ini semua doa akan dikabulkan maka mulai siapkan list apa yang akan diminta dibulan ramadhan nanti", Tegas alhabib Novel bin Muhammad Alaydrus.

Dari paparan beliau adalah sangat menarik, terkadang kita bingung ketika akan berdoa kepada allah. Dimulai meminta pengampunan dosa, kebutuhan dunia maupun akhirat dibulan yang penuh dengan berkah ini. Dalam suatu hadist Rasullullah SAW bersabda:

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak yaitu: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do'a orang yang didzalimi."(HR.At-Tirmidzi).

Tentu hadist ini sangat popular dan sudah sangat tidak asing lagi ditelinga kita, yang dimana selalu diulang-ulang oleh muballigh, kyai, atau penceramah dibulan Ramadhan. Dari hadist tersebut sangat jelas dipaparkan bahwa doa seseorang yang berpuasa itu tidak akan tertolak.

Selain itu, dihadist yang lain Rasullullah SAW juga bersabda:

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do'a maka pasti dikabulkan".(HR.Al-Bazaar).

Nah dari dua hadist diatas dapat dilihat bahwa doa dibulan ramadhan tidak akan tertolak dan pasti akan dikabulkan. Maka dari itu bulan Ramadhan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, untuk beribadah kepada Allah swt. Meminta sebanyak-banyaknya. Dan untuk memudahkan dalam berdoa, kita list dari sekarang, kita fikirkan dari sekarang sekiranya apa yang harus kita minta sehingga dibulan suci Ramadhan tidak ada do'a yang ketinggalan.

Walau ibadah terbaik adalah ikhlas karena allah namun tidak ada salahnya jika melist do'a kita mengingat begitu istimewanya bulan Ramadhan. Mari kita sambut bulan Ramadhan ini dengan semangat yang membara, serta rindu terhadap bulan Ramadhan ini karena Allah SWT.

Rasullullah pernah bersabda:

"Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, neraka ditutup dan setanpun dibelenggu". (HR.Bukhori Muslim).

Ketika setan dibelenggu kenapa dibulan ramadhan masih banyak orang yang bermaksiat? Ketika setan terbelenggu namun masih banyak manusia yang bermaksiat bukan berati hadist tersebut bohong, namun dari situ bahwa manusia berbuat maksiat bukan karena setan tapi karena terbiasa ketika selain bulan Ramadhan nafsu tidak dikendalikan, maka ketika manusia berbuat maksiat dibulan ramadhan itu bukan karena setan tapi karena nafsu manusia itu sendiri yang selalu dimanja.

Maka, kita jalani bulan Ramadhan tahun ini dengan semangat persatuan saling menghormati satu dengan yang lainnya, lupakan semua dendam dan menghentikan kebiasaan kita yang jelek termasuk saling mengujarkan kebencian karena politik, menebar hoax, biarlah politik berjalan dengan semestinya dengan menjunjung demokrasi yang baik, karena hal tersebut akan merusak ibadah kita dibulan suci yang penuh dengan berkah ini.

BIODATA SINGKAT PENULIS

Nama                           :Slamet Miftahul Abror

Status                           :Mahasiswa S1 Jurusan Sejarah Peradaban Islam

Institusi                        :Belajar di INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA

Minat/kajian menulis   : Dibidang opini keagamaan

No.WA/Sms/Telp         :089517072737

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2