Mohon tunggu...
Miftahul Abrori
Miftahul Abrori Mohon Tunggu... Menjadi petani di sawah kalimat

Writer & Citizen Journalist. Lahir di Grobogan, bekerja di Solo. Email: miftah2015.jitu@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Gado-gado Solo yang Menggoda Selera

23 Desember 2019   12:47 Diperbarui: 23 Desember 2019   12:52 57 2 0 Mohon Tunggu...
Gado-gado Solo yang Menggoda Selera
Bu Sri, pemilik Warung Gado-Gado Laweyan menyiapkan menu. Foto: Miftahul Abrori

SOLO - Mengonsumsi sayur terbukti menyehatkan tubuh, seperti menyehatkan pencernaan dan mengurangi risiko diabetes. Makan sayur bahkan sudah menjadi gaya hidup diet agar tubuh sehat dan langsing atau vegetarian, sebutan orang yang makan sayur.

 Gado-gado bisa menjadi pilihan olahan kuliner berbahan dasar sayur. Di Solo, Jawa Tengah terdapat kuliner gado-gado khas Solo yang racikan dan citarasa menggoda selera. 

Salah satu warung yang menyajikan kuliner gado-gado Solo adalah Warung Gado-Gado Laweyan Bu Sri. Warung ini terletak di Jl. Dr. Radjiman No. 504, Laweyan, Solo, kurang lebih 100 meter ke timur dari Pasar Kabangan Solo.

Meski menempati warung sederhana Warung Bu Sri menyajikan Gado-gado Solo yang enak, gurih, dan mantap. Gado-gado Solo terdiri dari kombinasi beragam sayur mentah dan matang. Selain itu gado-gado tidak disajikan dengan nasi atau lontong.


Seporsi Gado-Gado Solo. Foto: Miftahul Abrori
Seporsi Gado-Gado Solo. Foto: Miftahul Abrori
Seporsi gado-gado berisi irisan sayur mentah dan matang seperti wortel, kubis,  buncis, timun, dan tomat. Kandungan protein terdapat pada tambahan irisan tahu dan tempe goreng, dan telur rebus. 

Meski tidak memakai nasi atau lontong, makan gado-gado Solo dijamin mengenyangkan, karena ada tambahan bakmi kuning, dan kentang rebus.

Gado-gado disiram dengan saus kacang atau sambal kacang bercitarasa pedas, manis, dan gurih, ditambah kerupuk.

Menu ini cocok dinikmati saat sarapan dan makan siang. (Miv)

VIDEO PILIHAN