Mohon tunggu...
Miftahul Abrori
Miftahul Abrori Mohon Tunggu... Menjadi petani di sawah kalimat

Writer & Citizen Journalist. Lahir di Grobogan, bekerja di Solo. Email: miftah2015.jitu@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Ayam Kampung Bakar Spesial KMM Tawang Jambon, Grobogan

3 Desember 2019   19:57 Diperbarui: 3 Desember 2019   20:01 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mencicipi Kelezatan Ayam Kampung Bakar Spesial KMM Tawang Jambon, Grobogan
Ayam Kampung Bakar. Foto: KMM Group

Grobogan - Kunci kelezetan olahan ayam kampung terletak pada perpaduan daging segar, racikan bumbu yang pas dan pengolahan yang tepat.

M. Ngabdul Qodir, anggota Kelompok Muda Mandiri (KMM), kelompok pengusaha kuliner ayam kampung di Tawang Jambon, Pulokulon, Grobogan mengamini jika daging ayam segar berpengaruh pada citarasa masakan.

Saat ditemui penulis pada Senin (2/11/2019) Qodir menjelaskan, anggota KKM  menyembelih dan mengolah ayam pada hari yang sama saat mendapat pesanan. Jika pesan mendadak, pemesan mesti sedikit bersabar karena proses pengolahan membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

Qodir menerangkan KMM melayani pesan-antar untuk semua wilayah di Grobogan. Bagi pemesan di Kecamatan Pulokulon dan sekitarnya gratis ongkos kirim dan tanpa minimal order.

Ayam Kampung Bakar KMM menjadi menu favorit yang paling dicari konsumen. Pengolahan daging ayam terlebih dahulu dimasak atau diungkep dengan bumbu dan rempah-rempah pilihan.


Proses ini membutuhkan waktu beberapa jam agar daging empuk dan bumbu meresap. Selang beberapa jam ayam ditiriskan kemudian dibakar. 

Proses pengolahan ayam kampung. Foto: KMM Group
Proses pengolahan ayam kampung. Foto: KMM Group
Proses membakar ayam kampung juga tidak asal-asalan. Ayam dibakar dengan arang hingga menimbulkan aroma sedap. Dengan bara api sedang ayam dibakar hingga kering/ matang merata.

Ayam kampung bakar dilengkapi dengan lalapan berupa kubis, timun, dan kemangi, dan sambal. Konsumen bisa memilih sambal tomat, sambal bawang, atau sambal korek.

Kelezatan ayam kampung bakar berpadu dengan sambal pedas sedang yang mantap. 

Menu yang satu ini cocok untuk makan siang atau makan malam.

Bagi Anda yang berkunjung ke Grobogan atau warga Grobogan yang merantau, kuliner ini cocok untuk buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat tercinta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x