Mohon tunggu...
Mifta Ariani
Mifta Ariani Mohon Tunggu... Do the best

Low Profile dan bersahaja

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Menyiasati Pengeluaran di Tengah Gencarnya Promo Diskon

19 Agustus 2019   06:34 Diperbarui: 19 Agustus 2019   07:22 93 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyiasati Pengeluaran di Tengah Gencarnya Promo Diskon
Sumber: digitalmums.fr

Disaat tanggal merah bertebaran, dimana-mana tertulis promo discount besar-besaran. Entah itu penjualan online maupun offline saling bersaing. Sebagai konsumen, mungkin diantara kita banyak yang bingung menentukan, bahkan tertarik dan mulai tergoda, lebih-lebih jika promo tersebut bertepatan dengan saat penerimaan gaji ditangan kita.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menyiasatinya agar pengeluaran kita tidak jebol sebelum akhir bulan?

Disini saya mencoba memberikan beberapa tips-nya:

1. Catat kebutuhan kita sebelum berbelanja

Saat ada promo dimanapun itu, jangan buru-buru tergoda. Catat dulu apa saja kebutuhan kita bulan ini sebelum berbelanja, selanjutnya baru berburu discount. Jika memang ada kebutuhan lain selain kebutuhan primer, silakan dianggarkan.

2. Fokuslah pada daftar belanjaan yang sudah kita catat tadi

Fokus pada daftar belanjaan penting sekali, hal ini supaya kita tidak mudah tergiur oleh promo-promo discount lain yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

3. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan sesaat

Saat kita berbelanja, dahulukan kebutuhan yang memang benar-benar perlu daripada cuma keinginan sesaat. Misalnya sepatu sekolah anak kita sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. 

Jadi otomatis ini adalah kebutuhan yang perlu kita anggarkan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Selanjutnya kita bisa berburu discount disesuaikan dengan kebutuhan kita tadi yaitu mencarikan sepatu anak.

Jangan sampai karena promo discountnya mencapai 60%, lalu kita tergoda untuk membeli barang lain diluar daftar kebutuhan kita, padahal kita tidak benar-benar membutuhkannya. Jadi jangan sampai lalu menyesal sudah terlanjur membelinya akibat keinginan sesaat saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x