Mohon tunggu...
Mida
Mida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Monopolistik dan Pasar Oligopoli

29 November 2022   21:15 Diperbarui: 29 November 2022   21:26 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pasar Monopolistik dan Pasar Oligopoli

Mida

Jurusan Akuntansi 

Universitas palangkaraya 

Pasar Monopolistik 

Pengertian  

     Pasar monopolistik adalah sebuah pasar yang mana terdapat banyak beberapa produsen/penjual  yang menghasilkan produk serupa namun terdapat perbedaan diantara masing-masing mereka dari segi aspek ataupun lainnya. jadi, setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan yang lain.

Ciri atau Karakteristik pasar monopolistik

  • Produk yang terdifferensiasi
         Produsen membuat produk yang serupa atau cenderung sama tetapi mempunyai keunikan atau perbedaan tersendiri pada produk tersebut.
  • terdapat banyak penjual
         Para produsen tidak ada yang memproduksi barang dengan skala yang lebih besar dari pada produsen lainnya.
  • Jumlah perusahaan banyak dalam industry
        Beberapa perusahaan menyebabkan keputusan perusahaan tentang harga dan output tidak perlu harus memperhitungkan reaksi perusahaan lain, karena setiap perusahaan menghadapi kurva permintaannya masing-masing.
  • Dapat keluar masuk pasar
        Laba super normal yang dinikmati perusahaan mengandung perusahaan pendatang untuk memasuki industry tersebut. Persaingan monopolistik proses masuk keluarnya akan terkendala/terhenti bila semua perusahaan hanya memperoleh laba normal.
  • Promosi lebih aktif
        Harga bukanlah menjadi penentu utama dari besarnya pasar dari perusahaan, melainkan usaha produsen untuk menciptakan daya tarik  konsumen. Jadi promosi memiliki peran yang sangat penting dalam meraih dan mempertahankan banyak konsumen.

Factor-faktor yang menyebabkan pasar monopolistik

  • Ketidakpuasan terhadap daya analis model persaingan sempurna maupun monopoli
  • Differensiasi produk yang tidak terlalu besar mendorong perusahaan melakukan persaingan non harga
  • sumber daya yang dimiliki perusahaan memiliki ciri khas dan kekunikan yang tidak ditemukan dalam perusahaan lainnya  


Keseimbangan dalam pasar monopolistik 

   a. Keseimbangan jangka pendek
           perusahaan persaingan monopolistik akan mencapai keseimbangan pada saat MR=MC.
       Di keseimbangan jangka pendek ada tiga yang dicapai sebuah perusahaan:

  • Rugi minimum jika P
  • Laba normal jika P=Ac
  • Laba maksimum atau super normal bila P>AC

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun