Pasar Monopolistik dan Pasar Oligopoli
Mida
Jurusan AkuntansiÂ
Universitas palangkarayaÂ
Pasar MonopolistikÂ
Pengertian Â
   Pasar monopolistik adalah sebuah pasar yang mana terdapat banyak beberapa produsen/penjual  yang menghasilkan produk serupa namun terdapat perbedaan diantara masing-masing mereka dari segi aspek ataupun lainnya. jadi, setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan yang lain.
Ciri atau Karakteristik pasar monopolistik
- Produk yang terdifferensiasi
   Produsen membuat produk yang serupa atau cenderung sama tetapi mempunyai keunikan atau perbedaan tersendiri pada produk tersebut. - terdapat banyak penjual
   Para produsen tidak ada yang memproduksi barang dengan skala yang lebih besar dari pada produsen lainnya. - Jumlah perusahaan banyak dalam industry
  Beberapa perusahaan menyebabkan keputusan perusahaan tentang harga dan output tidak perlu harus memperhitungkan reaksi perusahaan lain, karena setiap perusahaan menghadapi kurva permintaannya masing-masing. - Dapat keluar masuk pasar
  Laba super normal yang dinikmati perusahaan mengandung perusahaan pendatang untuk memasuki industry tersebut. Persaingan monopolistik proses masuk keluarnya akan terkendala/terhenti bila semua perusahaan hanya memperoleh laba normal. - Promosi lebih aktif
  Harga bukanlah menjadi penentu utama dari besarnya pasar dari perusahaan, melainkan usaha produsen untuk menciptakan daya tarik  konsumen. Jadi promosi memiliki peran yang sangat penting dalam meraih dan mempertahankan banyak konsumen.
Factor-faktor yang menyebabkan pasar monopolistik
- Ketidakpuasan terhadap daya analis model persaingan sempurna maupun monopoli
- Differensiasi produk yang tidak terlalu besar mendorong perusahaan melakukan persaingan non harga
- sumber daya yang dimiliki perusahaan memiliki ciri khas dan kekunikan yang tidak ditemukan dalam perusahaan lainnya Â
Keseimbangan dalam pasar monopolistikÂ
  a. Keseimbangan jangka pendek
      perusahaan persaingan monopolistik akan mencapai keseimbangan pada saat MR=MC.
    Di keseimbangan jangka pendek ada tiga yang dicapai sebuah perusahaan:
- Rugi minimum jika P
- Laba normal jika P=Ac
- Laba maksimum atau super normal bila P>AC