Mohon tunggu...
Michael The
Michael The Mohon Tunggu... Lainnya - B.E(Civ)(Hons)

Manusia biasa yang suka menuangkan pikirannya terhadap hal-hal yang terjadi disekitarnya. Pro Kontra biasa asal disertai pemikiran dan perasaan yang beralasan. Selamat menikmati.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pikiran dan Perasaan #13 - "Dilema Kesehatan atau Kesakitan?"

16 Januari 2021   00:50 Diperbarui: 16 Januari 2021   02:13 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Salam Sejahtera, Assalamualaikum wr wb, Shalom Alaichem
Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan 

Kesehatan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam kehidupan manusia. Bagi saya pribadi, kesehatan adalah hal nomor satu yang harus dijaga (walaupun memang terkadang di banyak kesempatan kesehatan pun terlupakan).

Ketika ada keluarga atau kerabat yang berulang tahun, selalu satu kalimat ini yang saya sampaikan, "Semoga sehat, bahagia dan sukses selalu". Rangkaian doa tersebut tak hanya saya sampaikan begitu saja namun ada makna dibaliknya. 

Mengapa sehat terdapat di bagian paling awal daripada bahagia dan sukses? Tidakkah kebahagian itu penting untuk setiap orang terutama di hari ulang tahunnya?

Menurut saya, orang yang bahagia belum tentu sehat begitu pula orang sukses juga belum tentu sehat. Orang sukses pun belum tentu bahagia. 

Namun, orang yang sehat seharusnya merasa bahagia karena kesehatan tersebut dapat dijadikan modal utama untuk mencapai kebahagian yang lainnya (batin dan lahiriah) dan menjadi jalan untuk meraih kesuksesan. Orang yang sudah mengalami sakit akan sangat sulit untuk melakukan segala aktivitas untuk mendukung kebahagian dan kesuksesannya (halangan akan lebih berat daripada orang sehat). 

Maka dari itu, kesehatan perlu dijaga sedini dan seketat mungkin untuk masa depan kita sendiri karena banyak pula penyakit yang tidak dirasakan sekarang namun menumpuk di badan kita dan akhirnya akan menjadi malapetaka untuk kita dikemudian hari. Sehat bukan berarti hanya dalam artian fisik namun juga PIKIRAN.

PIKIRAN yang jernih dan sehat dapat membawa ketenangan jiwa dan menjadikan diri kita lebih bersemangat dalam hidup. Ada orang yang fisiknya sehat, namun pikirannya bermasalah yang dikemudian hari mengakibatkan daya tahan tubuhnya menurun dan membawa segala macam penyakit ke dalam tubuhnya. 

Ada sedikit cerita pribadi yang ingin saya ceritakan kepada para pembaca kompasiana sekalian. Cerita yang saya anggap bisa dijadikan pelajaran, pengalaman dan evaluasi bagi diri saya, pembaca dan pihak terkait kedepannya. Sebelumnya saya ingin menyampiakan bahwa cerita dan tulisan di sini hanya berasal dari pengalaman pribadi saya dan tanggapan saya.

Tidak bermaksud untuk menyerang siapapun atau instansi mana pun namun lebih ke memberi pandangan yang dapat menjadi evaluasi untuk ke depannya. 

Di malam tahun baru kemarin, setelah melewati malam pergantian tahun bersama beberapa teman, tiba-tiba perut saya merasa tidak nyaman. Beberapa kali saya keluar masuk kamar mandi namun tidak berpengaruh apa-apa. Keesokan harinya rasa tidak nyaman tersebut kembali muncul dan mengarah ke rasa sakit di perut bagian kanan (rasanya menusuk dan ketarik).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun