Mohon tunggu...
Michael Aryawan
Michael Aryawan Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

Pecandu kopi dan kretek, tukang piknik, suka nanya, betah nulis, gemar nyoting

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Polda DIY Peringati Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-68

26 September 2023   04:00 Diperbarui: 26 September 2023   04:08 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Michael Aryawan (25/09/2023)

YOGYAKARTA - Polda DIY menggelar puncak peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 di halaman parkir Stadion Maguwoharjo, Senin (25/9/2023). Selain peluncuran Surat Izin Mengemudi (SIM) drive thru untuk difable, rangkaian acara juga dimeriahkan sejumlah kegiatan, diantaranya atraksi baris berbaris dari kelompok Polisi cilik (Pocil), serta simulasi pengamanan massa peserta kampanye pemilu.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurrizal, menyampaikan dalam melaksanakan tugas, polri memberikan pelayanan secara cepat, akurat dan transparan. Untuk itu, pihaknya wajib memberikan pelayanan yang sama dalam hal mendapatkan SIM bagi masyarakat penyandang disabilitas, sesuai ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2016. 

"Sehingga masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik juga mendapatkan pelayanan yang sama dengan masyarakat lainnya," kata Alfian. 

Terkait dengan layanan SIM drive thru, Alfian menegaskan, Yogyakarta adalah Daerah pertama di Indonesia yang memiliki layanan itu. Berdasarkan data Dirlantas Polda DIY, saat ini terdapat 196 penyandang disabilitas yang sudah memiliki SIM. 

Michael Aryawan (25/09/2023)
Michael Aryawan (25/09/2023)


Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, menyatakan, Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 mengambil tema "Modernisasi Pelayanan Polantas Presisi Mengawal Pemilu Damai Untuk Indonesia Maju", maka jajaran lalu lintas polri dituntut untuk terus menunjukkan kinerja positif.

"Apresiasi positif masyarakat Yogyakarta terhadap jajaran lalu lintas Polda DIY juga terus meningkat. Hal tersebut dicapai dengan modernisasi pelayanan publik seperti penyelenggaraan Electronic Registration and Identification (ERI), penindakan pelanggaran lalu lintas dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), samsat online, pelayanan SIM online, SIM drive thru khusus difabel dan berbagai inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi", ungkap Kapolda.

Kapolda berharap dari berbagai capaian yang telah diraih tidak membuat jajaran lalu lintas Polda DIY cepat berpuas diri dan menjadikan capaian tersebut sebagai pemacu semangat dan motivasi dalam menghadapi tantangan tugas.

"Terus kembangkan kapasitas SDM dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui program pendidikan dan pelatihan dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks", ucap Kapolda.

Michael Aryawan (25/09/2023)
Michael Aryawan (25/09/2023)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun