Mohon tunggu...
Muhammad Royyan
Muhammad Royyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Saya Muhammad Royyan, lahir di Jakarta 18 Juli 2004 adalah seorang yang gemar dan hobi sekali menyanyi termasuk juga dengan sholawatan. Ia memiliki karakter yang unik dengan hobinya yang suka berjalan jalan, walau hanya sendirian. Dan saat ini ia sedang menempuh pendidikan sebagai mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membangun Karakter Positif Sejak Usia Dini

7 Desember 2022   13:49 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:52 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MEMBANGUN KARAKTER POSITIF SEJAK USIA DINI

Oleh

Muhammad Royyan

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta

Membangun karakter positif sejak usia dini adalah salah satu cara yang efekif untuk mengembangkan akhlak, perilaku dan budi pekerti yang baik, maka dari itu penting bagi kita semua untuk membangun karakter positif sejak usia dini. 

Pembentukan karakter sejak dini ini akan sangat berpengaruh serta menentukan bagaimana kehidupan seseorang di masa yang akan datang. Siapapun orangnya, apapun jenis pekerjaannya, jika punya karakter positif, pasti akan lebih baik dibanding mereka yang tidak punya karakter positif. 

Maka dari itu, pembentukan karakter positif harus dimulai sejak usia dini agar bisa menjadi bekal ketika mengarungi perjalanan hidup yang sangat dinamis.

Karakter positif seperti jiwa yang kuat, berani, dan tidak mudah menyerah akan sangat membantu dalam menjalani kehidupan. Karakter positif selalu bisa diterapkan dalam berbagai profesi, baik sebagai seorang pebisnis, pendidik, atau profesi lainnya. 

Seperti kita ketahui bersama bahwa yang sering menjadi masalah bangsa Indonesia sebenarnya adalah masalah banyaknya manusia Indonesia yang tidak memiliki karakter positif. Sehingga di manapun mereka berada akan selalu menimbulkan masalah dan bukan menjadi solusi dari sebuah masalah. 

Dari sini dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter sangat penting untuk membekali perjalanan hidup setiap manusia. Pendidikan karakter tidak hanya mampu menciptakan dan menguatkan karakter seseorang akan tetapi juga bermanfaat untuk melatih mental dan moral.

Seperti yang telah banyak kita lihat, bahwasannya banyak sekali orang orang sukses yang menanamkan sifat dan karakter positifnya sejak usia dini mereka, maka tak heran jikalau orang orang sukses bisa berhasil karna karakter positifnya. Mengapa demikian? Karena sebenarnya kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan otak kita saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun