Mohon tunggu...
Muhammad RizkySyaputra
Muhammad RizkySyaputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

~

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI: Mengembangkan Budaya Literasi di SDN 105 Pekanbaru

26 September 2021   00:56 Diperbarui: 26 September 2021   01:00 41 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI: Mengembangkan Budaya Literasi di SDN 105 Pekanbaru
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup mengembangkan budaya literasi di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang fokus dalam bidang pendidikan merasa terpanggil untuk mengambil peran memberikan kontribusi dalam program peningkatan indeks literasi nasional melalui kegiatan Kulaih Kerja Nyata (KKN) tematik literasi yang dilakukan oleh mahasiswa.

Pada pelaksanaan KKN Tematik UPI yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa UPI yang berdomisili pekanbaru melaksanakan kegiatan KKN di SDN 105 Pekanbaru dengan merealisasikan beberapa program yang menunjang untuk pengembangan budaya literasi siswa.

Salah satunya ialah program "Digital Library", dengan menyediakan berbagai bacaan yang dapat diakses oleh siswa kapan pun melalui link drive yang sudah disiapkan dengan berisi beragam bacaan untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa SD.

Untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa SDN 105 Pekanbaru, kami menyiapkan suatu video pembelajaran kreatif tentang menghitung dan menjumlahkan benda. Video pembelajaran dikirimkan ke siswa melalui grup WhatsApp. Setelah siswa menonton video tersebut diharapkan siswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait menghitung dan menjumlahkan suatu benda.

Respon yang diberikan siswa dengan program yang dijalankan tersebut sangat baik, dan guru SDN 105 Pekanbaru juga merasa terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN dari UPI. Selain beberapa kegiatan pendampingan terhadap siswa kami juga membantu menyelesaikan administrasi sekolah dengan berkordinasi bersama guru pendamping yang sudah ditentukan oleh kepala sekolah SDN 105 Pekanbaru.

Kepala Sekolah SDN 105 Pekanbaru menyambut baik kehadiran mahasiswa KKN dari UPI dan mengucapkan terimakasih atas segala kegiatan yang sudah dilaksanakan. Semoga kegiatan semacam ini bisa terus digalakkan untuk mengembangkan budaya literasi siswa dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar sehingga siswa/i Indonesia menjadi siswa/i yang mempunyai kemampuan literasi yang baik, memiliki daya saing dan unggul.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan