Mohon tunggu...
Meuthia Alifia Kadi
Meuthia Alifia Kadi Mohon Tunggu... Interest in Marketing Field

Undergraduate Business Administration Student at Universitas Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Future Development, Rencana Pembangunan Usaha "Bungkus.in"

29 Mei 2019   23:24 Diperbarui: 30 Mei 2019   00:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

DITULIS SEBAGAI SYARAT UJIAN AKHIR SEMESTER, MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN STRATEJIK , FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI, UNIVERSITAS INDONESIA 

BAB 1 - PENDAHULUAN 

Latar Belakang Masalah

Saat ini, masalah mengenai sampah plastik kian pelik. Sampah plastik sudah menjadi suatu masalah umum dimana setiap harinya timbunan sampah plastik semakin meningkat. Baru-baru ini sudah menjadi isu yang sangat populer sejak ditemukannya sampah plastik tidak hanya di lingkungan masyarakat umum, namun lingkungan ekosistem laut kerap mengalami timbunan sampah plastik. 

Akibatnya, ekosistem laut menjadi tercemar dan terganggu aktivitasnya, seperti diketahui, baru-baru ini juga ditemukan sampah plastik yang dikonsumsi oleh hewan lain. Selain masalah lingkungan, terdapat isu lain yaitu maraknya penggunaan plastik khususnya plastic wrap untuk membungkus makanan olahan. 

Hal ini ternyata menimbulkan bahaya bagi kesehatan yang didukung oleh penelitian, bahwa terdapat kandungan bahan kimia yang terkandung pada produk plastik tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu produk yang dapat menggantikan peran plastic wrap untuk membungkus makanan olahan yang tidak mengandung bahan berbahaya, ramah lingkungan serta dapat digunakan secara berkelanjutan.

Deskripsi Bisnis 

Menyikapi maraknya penggunaan plastic wrap untuk membungkus makanan olahan, yang tidak bersifat ramah lingkungan dan tidak reusable, serta telah ditemukan bahwa plastik memiliki bahan berbahaya, pun juga perkembangan dunia saat ini yang semakin kompleks sehingga dibutuhkannya kepraktisan. Maka bungkus.in hadir sebagai solusi dan alternatif dalam menangani masalah penggunaan plastic wrap pada makanan olahan. bungkus.in merupakan produk pembungkus makanan olahan yang nantinya digunakan dalam menyimpan makanan tersebut ke dalam freezer, yang reusable atau dengan kata lain sebagai "reusable food wrap" berbahan organik dan bertemakan ramah lingkungan serta mengusung prinsip sustainability. Bungkus.in menambahkan kesan "Indonesian Homemade" sebagai model desain utama, khususnya dengan desain "mangkok ayam". Model desain ini dipilih sebagai "motif" utama dan hanya satu-satunya, karena "mangkok ayam" tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia serta akan memberikan kesan ikonik baik dari segi makanan dan " Indonesia" Selain itu, pemilihan desain satu-satunya karena ini menjadi ciri khas,keunikan atau keunggulan dari bungkus.in. Produk bungkus.in memiliki 3 jenis ukuran yaitu ukuran kecil (20x20cm), sedang (25x25cm), besar (35x35cm), yang kemudian dikemas dalam bentuk satuan dengan paper bag ukuran kecil. Untuk mendapatkan produk bungkus.in hanya dijual secara online.

Analisis SWOT 

  • S: Dibuat dari bahan-bahan organik yang tidak membahayakan kesehatan, reusable, ramah lingkungan

  • W: Kurang ideal untuk semua makanan, harga cukup mahal dibandingkan plastic wrap, perlunya maintenance yang lebih diterapkan dalam merawat bungkus.in, bahan-bahan produksi belum terlalu populer, motif tidak bervariasi 

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    6. 6
    7. 7
    8. 8
    9. 9
KONTEN MENARIK LAINNYA
x