Mohon tunggu...
Meti Irmayanti
Meti Irmayanti Mohon Tunggu... Lainnya - senang membaca, baru belajar menulis

Dari kota kecil nan jauh di Sulawesi Tenggara, mencoba membuka wawasan dengan menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Musim Hujan Bikin Dinding Lembap dan Berjamur, Bagaimana Membersihkannya?

20 November 2021   16:35 Diperbarui: 23 November 2021   12:45 483 47 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi membersihkan jamur di dinding saat musim hujan. Sumber: truevalue via Kompas.com

Memasuki bulan-bulan musim penghujan ini, salah satu persoalan yang kerap kita alami adalah kemungkinan terjadinya kondisi berjamur dan lembap di rumah kita semakin meningkat dan tentu cukup meresahkan.

Kondisi kering dan hangat di dalam ruangan, kontras dengan kondisi basah dan dingin di luar ruangan, menciptakan tempat berkembang biaknya kondensasi yang dapat menyebabkan keadaan lembap yang kemudian menjadi tempat tumbuhnya jamur.

Banyak pemilik rumah akan menghadapi berbagai bentuk lembap atau jamur di rumah mereka selama musim penghujan dan akan terus berlanjut jika tidak segera diatasi. Bahkan, ada beberapa jenis lembap dan jamur yang jauh lebih serius daripada yang lain. 

Dinding atau tembok rumah yang tidak terselimuti dengan campuran semen yang baik serta cara pengerjaan yang salah sehingga memungkinkan kelembapan dapat masuk ke dalam rumah, di samping itu adanya kebocoran pada pipa=pipa air, dan kelembapan juga bisa terjadi akibat adanya kebocoran atau kerusakan pada atap dan bingkai jendela yang menyebabkan air hujan masuk dari celah-celah atap yang rusak, bingkai jendela dan lubang angin yang terbuka dan menyebabkan air hujan bisa merembes.

Kadang juga bisa menjadi masalah dengan rumah baru yang dibangun sebelum air tanah mengering atau masih mengandung masih banyak air. Jika menghadapi masalah seperti ini, lembap bisa menjadi masalah yang lebih sulit untuk diatasi sehingga kita harus berkonsultasi dengan profesional untuk mencari solusi terbaik.

Akibatnya, lembap dan jamur dapat tumbuh, selain terlihat kotor dan berbau tidak enak yang merusak keindahan rumah, jamur dan lembap juga dapat berdampak buruk pada kesehatan kita; menyebabkan masalah pernafasan, infeksi saluran pernafasan, alergi, asma, serta infeksi bakteri atau bahkan depresi. Tidak hanya itu jamur dan lembap ini juga sulit untuk dihilangkan.

Persoalannya, kondisi lembap dan berjamur ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, karena semakin dibiarkan akan semakin meluas dan akan semakin sulit untuk diatasi.

Untuk menghilangkan jamur, sebaiknya tidak dilakukan secara sembrono. Karena debu dan spora dari jamur yang dibersihkan, jika terhirup ke dalam pernafasan dapat membawa efek yang buruk bahkan bisa jadi parah.

Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat akan membersihkan lembap dan jamur

-Sebelum memulai sebaiknya pastikan tidak ada lagi orang di ruangan/tempat yang akan dibersihkan selama pembersihan dan kira-kira satu jam setelah pembersihan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan