Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Budaya Perusahaan Bukan Sekedar Ritualitas

7 Mei 2024   19:14 Diperbarui: 7 Mei 2024   19:24 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Budaya Perusahaan adalah Sesuatu yang Bisa Diamati Secara Internal dan Eksternal

Budaya adalah tentang kata-kata, tindakan, kebiasaan, keputusan dan perilaku. Dengan kata lain, budaya itu terlihat. Budaya (organisasi) Perusahaan tercermin dalam segala hal yang bisa diamati, mulai dari interaksi sehari-hari antar karyawan hingga keputusan manajemen tingkat atas.

Hal tersebut mencakup segala sesuatu mulai dari kata-kata yang digunakan dalam komunikasi, tindakan yang diambil dalam situasi tertentu, kebiasaan yang menjadi bagian dari rutinitas harian, hingga keputusan strategis yang dibuat untuk arah masa depan organisasi.

Ketika kita memasuki ruang kerja, baik itu kantor, lantai pabrik, atau bahkan toko ritel, budaya organisasi dapat terasa dalam atmosfer yang dihasilkan oleh interaksi antar karyawan, cara kerja tim, sikap terhadap tugas dan tanggung jawab, dan cara organisasi menanggapi tantangan atau perubahan.

Dengan kata lain, budaya Perusahaan (Corporate Culture) tidak hanya merupakan sesuatu yang diucapkan, tetapi juga diperlihatkan dalam setiap aspek kehidupan organisasi sehari-hari. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya budaya dalam membentuk identitas, nilai, dan kualitas organisasi secara keseluruhan.

Pemimpin memiliki peran penting dalam menerapkan dan memperkuat nilai-nilai budaya dalam organisasi. Para pemimpin harus memimpin dengan teladan dan memastikan bahwa nilai-nilai yang diinginkan tidak hanya diucapkan, tetapi juga diamalkan dalam tindakan sehari-hari.


Melalui dua cara penting di atas, yaitu ritual dan pengakuan timbal-balik, pemimpin dapat mengukuhkan budaya organisasi dengan efektif. Ritual merupakan cara yang kuat untuk menyatukan tim berdasarkan perilaku yang diharapkan. Dengan memimpin ritual secara konsisten dan menekankan pentingnya tindakan yang sejalan dengan nilai-nilai budaya, pemimpin membantu memastikan bahwa budaya tersebut terinternalisasi oleh seluruh anggota tim.

Pengakuan juga menjadi pendorong yang kuat bagi pemimpin untuk memperkuat budaya. Ketika pemimpin memberikan pengakuan secara terbuka kepada anggota tim yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai budaya, hal ini memberikan dorongan positif kepada seluruh tim untuk terus mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Pengakuan seperti ini juga menciptakan lingkungan di mana anggota tim merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berkontribusi secara positif.

Pemimpin yang mampu mewujudkan nilai-nilai budaya yang diinginkan dalam tindakan mereka sendiri menjadi teladan bagi seluruh organisasi. Dengan menunjukkan konsistensi antara perkataan dan tindakan, pemimpin membangun kepercayaan dan integritas dalam budaya organisasi. Ini membantu memperkuat komitmen seluruh anggota tim terhadap nilai-nilai tersebut dan mendorong kepatuhan yang lebih tinggi terhadap budaya organisasi secara keseluruhan.

Dengan demikian, melalui pendekatan ini, pemimpin dapat memainkan peran kunci dalam membentuk dan memperkuat budaya organisasi yang sehat dan berkelanjutan.

Data Gallup menyoroti fakta yang menarik bahwa meskipun banyak organisasi memiliki budaya yang kuat, hanya sedikit yang benar-benar memanfaatkannya secara optimal sebagai kunci kesuksesan bisnis.

Budaya yang kokoh dan berbeda dapat menjadi pembeda yang signifikan di antara pesaing, menciptakan fondasi yang solid untuk pencapaian hasil yang luar biasa dan kesuksesan jangka panjang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun