Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

New World

Bagaimana Gen Z Mengonsumsi Berita

6 Juli 2022   14:43 Diperbarui: 6 Juli 2022   14:53 413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Gen Z tidak membeli surat kabar cetak seperti generasi terdahulu (by Merza Gamal)

Saat ini berita tidak hanya didapat dari surat kabar, majalah, atau pun televisi dan radio, tetapi aneka berita bisa didapat melalui whirlwind halaman rumah surat kabar digital, podcast, dan headline clickbait dari feed. Dan tentu saja, pemberitahuan push yang membagikan semua berita yang sesuai untuk blast.

Berdasrkan survei yang dilakukan sejak tahun 2019 kepada 100 juta pengguna digital, 80 hingga 90 persen orang di Eropa dan Timur Tengah memiliki ponsel cerdas, dan di Amerika mereka menghabiskan $100 miliar untuk menghadirkan akses ke internet berkecepatan tinggi untuk setiap rumah tangga.

Menurut survei yang dilakukan oleh McKinsey, Gen Z mengharapkan pembaruan instan tentang berita dan budaya. Survei menemukan hal-hal berikut:

  • Setidaknya 50 persen Gen Zers melihat berita di media sosial setiap hari.
  • Hingga 15 persen orang berusia 18-24 secara teratur mendapatkan berita dari TikTok.
  • Dari remaja yang mengikuti berita, 66 persen mengatakan mereka mendapatkan sebagian besar dari notifikasi push.

Berita bagi Gen Z bukan hanya fakta yang dingin dan keras, tetapi termasuk briefing cepat dan video spoof yang diputar di meme saat ini. Internet telah mengubah cara sumber menyebarkan cerita, karena pemirsa juga berjejaring, Banyak berita yang dikonsumsi mungkin merupakan apa yang diputuskan teman atau komunitas untuk diposkan ulang.

Respons emosional seseorang juga membentuk cara orang tersebut berbagi: berita buruk disebarkan melalui saluran utama, sedangkan berita positif sering hanya disampaikan dari orang ke orang.

Gen Z melihat perbedaan antara berita dan "berita": berita adalah bisnis yang serius, sementara "berita" dapat menjadi yang terbaru tentang romansa Pete/Kim atau fakta sains yang keren. Sementara 39 persen orang di bawah 24 tahun lebih memilih untuk mendapatkan berita dari media sosial, 34 persen mencari situs atau aplikasi berita tepercaya untuk acara terkini.

Gen Z dibesarkan dengan berita gratis, tetapi sebagian masih bersedia membayar untuk cerita lokal atau berkualitas, terutama jika disertai dengan visual yang bagus atau pengalaman aplikasi yang lancar. Berita visual tersebut memiliki rentang perhatian yang pendek dan memperhatikan saat yang penting.

Gen Z tumbuh dengan Internet dan mendapatkan berita mereka terutama di media sosial. Namun, temuan dari penelitian kualitatif dan kuantitatif dari News Media Alliance, yang dirilis pada 15 Februari 2022, menunjukkan bahwa ada peluang bagi outlet berita -- terutama outlet berita lokal -- untuk memposisikan produk mereka dengan konsumen Gen Z untuk menarik mereka sebagai pembaca dan pelanggan potensial.

Sekitar setengah dari konsumen Gen Z (51 persen) melaporkan membaca berita setiap hari. Mayoritas (60 persen) mengatakan mereka akan cenderung menggunakan produk berita lokal, sementara sepertiga (33 persen) mengatakan mereka akan membayar untuk berita lokal. Tidak mengherankan, usia dua puluhan lebih memilih untuk mendapatkan berita online melalui aplikasi media sosial dan pencarian web daripada di media cetak, dan mereka ingin "menjajal" berita yang telah disesuaikan dengan preferensi mereka sepanjang hari.

Dalam hal menarik demografis yang paham teknologi ini, bertemu Gen Z di mana mereka berada adalah kuncinya. Temuan menunjukkan waktu pengguna Gen Z cenderung berada di berbagai platform media sosial, mewakili waktu optimal bagi outlet berita untuk memposting konten yang akan melibatkan mereka sebagai pembaca. Misalnya, Gen Z lebih cenderung menggunakan Facebook (42 persen) di pagi hari daripada aplikasi lain, beralih ke platform media sosial lain di kemudian hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten New World Selengkapnya
Lihat New World Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun