Mohon tunggu...
Meri Rajagukguk
Meri Rajagukguk Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Saya merupakan mahasiswa semester 5 saat ini dengan jurusan Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini, saya sangat mencintai anak- anak.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Makanan-makanan Lokal yang Saya Temui di Ende, Nusa Tenggara Timur

21 Mei 2024   08:27 Diperbarui: 21 Mei 2024   08:38 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Makanan Lokal( Dokumen Pribadi)

MAKANAN -- MAKANAN LOKAL  YANG SAYA TEMUI DI ENDE NUSA TENGGARA TIMUR 

Saat pertama kali saya datang ke Nusa Tenggara Timur hal yang membuat saya penasaran adalah selain budayanya,bahasanya dan anak-anaknya saya juga penasaran dengan makanan lokalnya. Seperti apa makanan local disini ? karena yang membuat suatu ciri khas dalam daerah itu adalah adalah makanannya. Oleh karena itu saya senang tahu makanan local dari daerah -- daerah. Selama disini banyak makanan yang saya temui yang membuat saya kagum dan sebenarnya makanan disini hampir mirip dengan makanan di kampung saya hanya saja cara memasaknya banyak yang beda- beda. Nah saya akan jelaskan satu per satu makanan yang saya temui selama saya disini

1. Ikan 

Sebagai daerah  penghasil ikan dari laut, pastinya selama disini saya menikmati hidangan ikan yang sangat segar. Berbagai macam ikan seperti ikan tembang , ikan tingkol, udang, gurami, cumi- cumi dan ikan -- ikan lainya. Ikan yang diambil oleh masyarakat dari laut kebanyakan menjual di pasar-pasar tradisional dan juga di jual di depan rumah sendiri. Harga ikan juga sangat murah, sehingga masyarakat tidak pusing soal makanan ataupun lauk yang dihidangkan dalam keluarga. Jadi selama saya disini jarang makan ayam melainkan makan ikan yang segar -- segar (hehhehe) 

2. Jagung  

Jagung menjadi salah satu pokok makanan disini,yang disajikan dengan berbagai variasi. Seperti; jagung dicampur dengan beras. Ini dibuat agar menghemat nasi. Selain itu jagung tersebut direbus dan digoreng. Jagung ini sebagai pembantu agar mengurangi nasi yang akan kita makan. Sangat menarik, hampir sama di kampung saya namun jagung disini lebih ke khusus jagung makanan kalo di kampung saya sidikalang, medang jagung itu lebih banyak digunakan untuk ternak ataupun di jual.Jadi jarang untuk makan jagung. 


 3. Kelapa 

Salah satu penghasilan di kabupaten Ende adalah kelapa. Kelapa tidak hanya dibuat dalam makanan tetapi sebagai ekpor besar ke luar provinsi. Ini menjadi salah satu pendapatan di kota Ende. Kelapa di jual berbagai variasi, seperti di jual mentah baik kelapa muda ataupun kelapa tua, dan dijual dalam bentuk kelapa yang dipanggang atau disebut kopra. Dalam pembuatan kopra ini membutuhkan waktu lama sekitar 1-2 minggu. Mulai dari petik kelapa yang sudah tua, lalu menjemur kelapanya hingga benar -- benar kering lalu dipanggang sekitar 7-10 jam. Kopra tersebut di ekpor ke luar provinsi dengan harga 5 -10 ribu per kilo. 

4. Ngetah (lawar) 

Salah satu makanan favorit saya selama disini adalah makan lawar. Lawar ini terbuat dari daun ubi yang di campur dengan kelapa. Lawar ini hampir sama dengan urap. Namun kalo lawar atau ngetah ini hanya di campur dengan daun ubi dengan kelapa yang digongseng. Selama disini saya selalu dibuatin oleh teman teman saya dari kabupaten nangaroro, manggarai dengan rasa yang sangat mantap. 

Ngetah/lawar (Dokumen Pribadi)
Ngetah/lawar (Dokumen Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun