Kesehatan

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Berenang?

7 Desember 2018   14:13 Diperbarui: 7 Desember 2018   14:38 93 0 0
Apa yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Berenang?
www.lifestyleupdated.com

Apakah anda suka berenang?

Lalu, apakah anda mengetahui apa saja hal yang sebaiknya dilakukan sebelum berenang??

Pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu pengertian dari berenang. Renang merupakan salah satu cabang olahraga aquatik. Renang adalah upaya untuk menggerakkan (mengapungkan atau mengangkat) semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Renang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan bantuan. Renang adalah cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh terutama bagian tangan dan kaki untuk bergerak di dalam air.

Beberapa manfaat yang didapatkan ketika anda melakukan olahraga renang adalah :

  1. Mencegah Obesitas : Berenang adalah olahraga yang sangat baik dilakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Olahraga ini membakar banyak sekali kalori dari dalam tubuh karena bermacam-macam bagian tubuh Anda saling bekerja sama untuk menyelesaikan gerakan renang. Rata-rata Anda akan membakar 800 sampai 900 kalori dalam waktu 1 jam berenang. Karena alasan inilah banyak orang memilih olahraga renang agar tetap langsing dan sehat.
  2. Menyingkirkan Stress : Jenis olahraga aerobik ini dapat membuat Anda rileks dan meningkatkan energi tubuh. Banyak orang merasakan bahwa mereka seperti dibebaskan dari beban stress dan khawatir setelah menyelesaikan sebuah sesi renang.
  3. Memperkuat Stamina : Orang-orang yang berenang secara teratur memiliki daya tahan jantung yang kuat serta stamina otot yang bagus. Mereka juga lebih mungkin untuk cepat sembuh dari cedera otot. Jika merasa tubuh Anda saat ini gampang capek, mungkin manfaat renang bagi tubuh ini dapat membantu memperkuat stamina tubuh. (ngelmu, 2014)

Lalu, apa aja sih yang perlu dilakukan sebelum olahraga?

  1. Melakukan pemanasan untuk mencegah terjadinya kejang otot pada saat berenang. Pemanasan senam bisa dilakukan dengan cara menggerak-gerakkan badan (senam kecil) atau dengan berlari-lari kecil.
  2.  Mandi pada air pencuran yang tersedia sebelum masuk ke kolam renang. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa tubuh dalam keadaan bersih dan tubuh dapat menyesuaikan dengan suhu air.
  3.  Latihlah irama kaki terlebih dahulu, sebelum
    bentuk-bentuk latihan lainnya.
  4.  Memakai pakaian renang yang berwarna (tidak putih) karena air kolam dapat menyebabkan pakaian berwarna putih berubah menjadi kekuning-kuningan.
  5.  Berjalan-jalan terlebih dahulu di dalam kolam dengan kedalaman yang cocok. (Abdulrahman, 2012)

Nah itu dia beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum berenang  agar mencegah terjadinya kram atau tegang otot ketika berenang.