Mohon tunggu...
Siti Maisyaroh
Siti Maisyaroh Mohon Tunggu...

Uin Maliki Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Strategi singkat analisi data kualitatif

23 Mei 2015   10:39 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:41 444 0 0 Mohon Tunggu...

Menganalisis data teks dan beragam bentuk data yang lain merupakan tugas yang manenatang bagi para peneliti kualitatif.Ada tiga strategi analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu

1.Menyiapkan dan mengorganisasikan data (yaitu data teks seperti transkip atau data gambar seperti foto) untuk analisis

Manajemen data menjadi langkah awal dalam proses analisis data. Para peneliti biasanya mengorganisis data dalam file-file computer dan mengonversi file-file tersebut menjadi satuan teks yang sesuai atau sebuah kata, kalimat atau cerita lengkap.

Data yang dihasilkan dari metode kualitatif berjumlah sangat banyak dan peneliti kualitatif harus pandai-pandai dalam memahami dan teliti dalam data yang akan di analisis tersebut.

2.Mereduksi data tersebut menjadi tema melalui proses pengkodean dan peringkasan kode

Pembentukan kode atau kategori merupakan jantung dari analisis data kualitatif. Di sini peneliti membuat deskripsi secara detail, mengembangkan tema atau dimensi, dan memberikan penafsiran menurut sudut pandang penelitidan dari perspektif yang ada dalam literature. Deskripsi secara detail berarti peneliti mendeskripsikan sesuatu yang peneliti lihat.

Proses pengkodean (coding) dimulai dengan mengelompokkan data teks atau visual menjadi kategori informasi yag lebih kecil , mnecari buki dari berbagai file yang digunakan dalam studi, kemudian memberikan label pada kode tersebut.Kode mempunyai beberapa fungsi antar lain:

a)Informasi yang diharapkan peneliti dapat ditemukan sebelum studi tersebut

b)Informasi mengejutkan yang peneliti tersebut tidak menyangka akan menemukannya

c)Informasi yang secara konseptual menarik atau tidak biasa bagi peneliti dan kemungkinan menarik bagi partisipan dan audien.

3.Menyajikan data dalam bentuk bagan, tabel atau pembahasan.

VIDEO PILIHAN