Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Begini Rangkaian Seleksi CPNS, Mau Lolos Wajib Baca!

21 Juli 2021   11:07 Diperbarui: 22 Juli 2021   19:13 550 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Begini Rangkaian Seleksi CPNS, Mau Lolos Wajib Baca!
Peserta sedang menjalani proses tes masuk CPNS di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Foto: AFP/JUNI KRISWANTO via Kompas.com

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka. Sudah banyak para pencari kerja dan orang yang berminat menjadi abdi negara yang menunggu kesempatan ini. Bagi yang belum mendaftar masih ada kesempatan, karena pendaftaran diundur hingga tanggal 26 Juli 2021 mendatang.

Saat ini seleksi CPNS sudah  menggunakan sistem CAT  (Computer Assisted Test) untuk sesi Tes Kemampuan Dasar (TKD). Sistem ini diklaim sebagai reformasi pengadaan CPNS yang terbuka, bersih dan jujur. Sistem CAT memiliki kelebihan dimana kita bisa melihat nilai kita setelah keluar dari ruangan test.

Namun untuk bisa lolos CPNS jangan hanya fokus pada Tes Kemampuan Dasar. Banyak hal yang harus dipersiapkan supaya siap menghadapi keseluruhan tahapan seleksi. Ini rangkaian tahapan seleksinya.

1. Memilih Instansi dan formasi

Pendaftaran CPNS akan dilakukan secara online melalui website BKN yaitu sscasn.bkn.go.id. Pilih intansi dan formasi dengan hati-hati. Sesuaikan dengan jurusan pendidikan kalian. Pastikan kalian memenuhi segala persyaratan yang ditentukan. Misalnya usia, jurusan, nilai IPK minimal, akreditasi Sekolah/Universitas dan persyaratan lainnya misal status pernikahan.

Kalian juga perlu melihat penempatan lokasi untuk jabatan yang kalian inginkan. Jangan memilih lokasi yang kalian tidak siap. Jangan berpikir, "Yang penting lolos dulu, nanti bisa ajukan mutasi". Tidak semudah itu mengajukan mutasi, pikirkan jangka panjang.

Pelajari pula bidang pekerjaan dari instansi kalian. Misalnya kalian tidak siap dengan pekerjaan yang banyak di lapangan, maka jangan memilih instansi yang bidang pekerjaannya banyak bertugas di lapangan.

Pekerjaan tertentu seperti Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara, KPK, atau Badan Narkotika Nasional harus siap bertugas penuh tekanan dan kerahasiaan. Proses seleksinya seringkali juga lebih berat, dibanding instansi lain, karena bukan hanya tes intelejensi, tetapi juga tes fisik, psikologi serta mental ideologi.

2. Persiapan Berkas

Seleksi berkas adalah yang pertama kali harus dilalui. Maka jangan diremehkan, tanpa ketelitian dalam mengirimkan kelengkapan berkas, bisa menyebabkan seluruh tahapan menjadi gagal. Pada tahapan ini kalian perlu membaca baik-baik persyaratan. Seperti:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x