Mohon tunggu...
Maria Vianney Afrista Amelinda
Maria Vianney Afrista Amelinda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UAJY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Media Baru: Pengertian dan Karakteristik

20 September 2021   02:05 Diperbarui: 20 September 2021   02:28 45 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media Baru: Pengertian dan Karakteristik
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seiring berkembangnya zaman teknologi terus berkembang, salah satunya adalah munculnya Media Baru (New Media). Media baru merupakan perkembangan teknologi komunikasi yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi satu sama lain melalui dunia maya dengan bantuan internet. Dengan adanya Media Baru tersebut kita dapat melakukan interaksi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka secara langsung. Menurut Mc Quail (2001:148) media baru merupakan perangkat teknologi komunikasi yang memungkinkan adanya digitalisasi dan cangkupan yang luas dalam penggunaan pribadi sebagai alat komunikasi. 

Setiap media pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing begitu juga media baru (new media). Menurut Mc Quail, media baru memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :

  • Digitalisasi : Data yang input seperti teks, grafik, foto diproses dan disimpan dalam bentuk angka.
  • Interaktif : pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya.
  • Virtuality : komunikasi menggunakan ruang maya yang bersifat interaktif, sehingga dapat berinteraksi secara langsung secara virtual.
  • Hypertextual : Potongan teks yang dapat disambungkan dengan website dan dapat diakses.
  • Simulasi : representasi atau gambaran peristiwa dengan tambahan efek tertentu
  • Jaringan : dengan adanya internet terjadi suatu hubungan antar pengguna dan internet tidak dapat digunakan apabila tidak terdapat penggunanya.

Terdapat beberapa contoh media baru, seperti situs website, streaming, media sosial, dan sebagainya. Salah satu media baru yang menggambarkan evolusi dari media baru adalah social media. Sosial media merupakan suatu media online yang para penggunanya dapat berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi, seperti blog, jejaring social, dunia virtual, dan sebagainya. Salah satu media sosial yang sering digunakan oleh para pengguna adalah youtube. Youtube merupakan suatu situs popular yang para penggunanya dapat memuat dan menonton video. Youtube juga merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mengunggah video atau konten yang telah dibuat dibuat. Selain itu juga pengguna youtube juga dapat melakukan streaming dengan menggunakan akun youtube yang dimiliki. Youtube memiliki karakteristiknya sendiri layaknya media sosial lainnya, seperti tidak memiliki batasan waktu dan jumlah ketika mengunggah video, tidak memberikan izin pada video yang memiliki unsur sara dan illegal, memberikan fasilitas berbayar, terdapat fitur offline, dan pengguna juga dapat mengedit video pada situs secara langsung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan