Mohon tunggu...
Melina Handayani
Melina Handayani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Analysis

Melina. 21th. Mahasiswa dan Karyawan Swasta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bahasa TBL yang Sedang Marak Dibicarakan Kaum Milenial

21 Januari 2022   23:41 Diperbarui: 21 Januari 2022   23:57 59 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.

Banyak sekali bahasa kata dalam kehidupan sehari-hari kita, apalagi di zaman yang modern seperti sekarang, kaum milenial menciptakan bahasa-bahasa baru yang unik dan mungkin terdengar aneh.

Semakin berkembangnya teknologi dan sosial media membuat siapapun bisa menciptakan apapun, seperti bahasa ini. Seperti yang kita ketahui TikTok adalah aplikasi untuk membuat dan menyebarkan beragam video pendek dalam format secara vertikal, yang dimainkan hanya dengan cara men-scroll layar ke atas maupun ke bawah.

TikTok menjadi aplikasi sosial media yang belakangan ini booming dan bisa membuat siapapun ketagihan memainkannya, baik itu hanya digunakan untuk melihat video-video orang lain atupun untuk membuat konten diri sendiri.

Biasanya TikTok menampilkan video-video yang sedang trend saat ini. Bahasa TBL TBL TBL artinya Takut Banget Loh, bahasa ini sebenarnya hanya ucapan atau ketusan salah satu konten kreator di TikTok dengan nama akun bondol_jpg, yang dimana dalam video tersebut Ia menampilkan dirinya sedang membuat video dengan posisi posisi kaki ditekuk setengah dan melentikkan tangan sambil berkata "TBL TBL TBL, takut baaanget loooh".

https://vt.tiktok.com/ZSe47peQ6/

Boomingnya video tersebut membuat orang lain jadi mengikuti trend video tersebut dengan menggunakan bahasa tersebut, dan sekarang semuanya bisa jadikan singkatan seperti itu, contoh nya "CBL CBL cantik baaanget loooh" dan lain sebagainya, pokonya sudah pasti ada kata "baaanget loooh".

Seiring berkembangnya tekonologi, semua bisa menciptakan ide-ide baru dan unik seperti bahasa tersebut yang pada awalnya hanya ucapan spontan, kemudian bisa menjadi trend atau bahasa baru di zaman ini.

Tapi kita sebagai netizen yang bijak dan cermat, harus bisa memilih kata-kata atau bahasa yang baik, selain itu juga harus bersikap yang sopan dan tutur kata bahasa yang baik juga. Boleh saja mengikuti perkembangan zaman dengan ucapan atau bahasa yang sedang trend, namun harus pandai memilih dan memposisikan kata-kata tersebut apakah pantas atau tidak untuk kita ucapkan dalam situasi tertentu dan kepada siapa orang yang kita ajak bicara.

Sekian dari Saya, mohon dimaafkan jika ada kekurangan atau kesalahan.

Terima kasih atas waktunya, salam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan