Mohon tunggu...
Meldy Muzada Elfa
Meldy Muzada Elfa Mohon Tunggu... Dokter dengan hobi menulis

Internist, lecture, traveller, banjarese, need more n more books to read... Penikmat daging kambing...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Inilah Fakta Menarik Tentang Ginjal di Hari Ginjal Sedunia

10 Maret 2016   09:09 Diperbarui: 10 Maret 2016   10:42 0 10 2 Mohon Tunggu...
Inilah Fakta Menarik Tentang Ginjal di Hari Ginjal Sedunia
wkd-campaignimage-750x330-750x330-56e0ec137897734d088b4572.png

[caption caption="Banner World Kidney Day 2016. Sumber: worldkidney.org"][/caption]Ada hal yang menarik jika kita membicarakan Hari Ginjal Sedunia/World Kidney Day (WKD) bahwa peringatan ini bukan berdasarkan ketetapan tanggal kalender miladiyah maupun hijriyah, tetapi diperingati setiap tahun pada minggu kedua Bulan Maret. Sehingga tanggal peringatannyapun setiap tahun selalu berbeda.

Peringatan Hari Ginjal Sedunia (WKD) lebih berfokus pada kampanye kesadaran kesehatan global khusus pada pentingnya kesehatan ginjal dan mengurangi frekuensi maupun dampak dari penyakit ginjal, yang merupakan masalah kesehatan di dunia.

Hari Ginjal Sedunia merupakan inisiatif bersama 2 lembaga ginjal dunia yaitu International Society of Nephrology (ISN) dan International Federation of Kidney Foundation (IFKF). Kegiatan yang awalnya hanya diikuti 66 negara pada tahun 2006, namun dalam 2 tahun sudah meningkat menjadi 88 negara. Sekarang hampir seluruh negara memperingati WKD ini, termasuk negara Indonesia tercinta.

Banyak cara untuk berpartisipasi dalam peringatan ini. Di rumah sakit biasanya diadakan kerja nyata dengan mengunjungi pasien dengan penyakit ginjal kronik, memberikan bantuan biaya bagi yang memerlukan, seminar atau simposium awam untuk meningkatkan pengetahuan, gerak jalan bersama dan bisa juga dengan memberikan edukasi melalui tulisan.

Ginjal adalah sepasang organ saluran kemih yang terletak di rongga retroperitoneal bagian atas. Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen. Pada orang dewasa, rata-rata ginjal memiliki ukuran panjang sekitar 11,5 cm, lebar sekitar 6 cm dan ketebalan 3,5 cm dengan berat sekitar 120-170 gram atau kurang lebih 0,4% dari berat badan.

Berikut adalah fakta menarik tentang ginjal yang paling tidak harus diketahui, semoga menambah pengetahuan kita bersama.

1. Menjaga Ginjal Tidak Harus dengan Banyak Minum

[caption caption="Ilustrasi: minum air saat dibutuhkan (Sumber: radiantpeach.com)"]

[/caption]

Penulis telah mengulas topik ini pada tulisan sebelumnya yang berjudul "Berapa Sebenarnya Kebutuhan Air Kita?" Mitos yang berkembang di masyarakat bahwa jika ingin ginjal sehat maka perbanyakalah minum air putih. Minum air putih memang dianjurkan tetapi sesuai takarannya. Tidak harus berlebihan karena justru meningkatkan kerja ginjal. Menjaga ginjal dengan cara menjaga agar faktor-faktor yang dapat merusak ginjal tidak terjadi atau setidaknya dikendalikan. Darah tinggi, kencing manis dan sumbatan saluran kencing adalah salah satu faktor utama penyebab kerusakan ginjal jika tidak ditangani atau dikendalikan.

2. Hanya Obat-obat Tertentu yang Dapat Merusak Ginjal

[caption caption="Ilustrasi: berbagai macam jenis obat (Sumber: ruangdiskusiapoteker.blogspot.co.id)"]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x