2.1Kajian Pustaka
2.1.1Teori Manajemen
2.1.1.1Pengertian Manajemen
Menurut Amirullah (2019), manajemen adalah ilmu sekaligus seni merencanakan, mengorganisasikan, mensistensis, mengarahkan, mengarahkan dan mengawasi sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Menurut James A.F Stoner (2018), manajemen adalah rangkaian proses mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian usaha anggota suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Menurut Ricky W. Griffin (2020), manajemen adalah serangkaian kegiatan (termasuk perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (manusia, keuangan,fisik dan informasi) untuk mencapai tujuan organisasi melalui cara yang efektif dan efisiensi.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu kerangka proses yang melibatkan sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan. Dilihat dari keseluruhan kegiatan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengawasan, inilah kunci utama manajemen terstruktur.
2.1.1.2Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen pada umumnya dibagi menjadi empat fungsi yaitu peencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dengan tujuan mencapai hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.
1.Perencanaan
Peencanaan merupakan proses pembentukan dan penentuan sasaran serta tujuan yang ingin dicapai dengan kesepakatan bersama melalui langkah-langkah strategis guna mencapai visi dan misi yang ada. Melalui sebuah perencanaan, seorang manajer mendapakan gambaran yang diinginkan untuk melaksanakan proses tersebut.