Mohon tunggu...
Ameliaff
Ameliaff Mohon Tunggu... suka ngopi tapi mudah sakit perut :v

masih amatiran :h

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

"Self Management" pada Anak

28 April 2020   04:30 Diperbarui: 28 April 2020   04:21 11 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Self Management" pada Anak
https://cdn4.vectorstock.com/i/1000x1000/62/68/self-management-concept-vector-22706268.jpg

Self menegement atau bisa disebut juga dengan Menegement diri adalah pengendalian diri mulai dari pikiran, perilaku, atau ucapan yang kita lakukan. Kata self berasal dari bahasa inggris yang artinya "diri" sedangkan kata menegement sendiri memiliki arti "pengelolaan".

Menurut Mahoney dan Thoreses self menegement berkenaan dengan kesadaran dan keterampilan untuk mengatur keadaan sekitarnya yang akan mempengaruhi tingkah lakunya.

Setiap manusia yang merasa memiliki tingkah laku yang tidak baik dan merugikan diri sendiri pasti akan berusaha untuk mengubahnya. Dalam proses perubahan tersebut juga harus mencapai target yang diinginkan. Proses perubahan tersebut juga tidak mudah dan membutuhkan proses. Kenapa perlu proses ? karena untuk membiasakan diri dari kebiasaan-kebiaaan yang sebelumnya.

Pada anak usia dini, memenegement tingkah laku dan kegiatannya bisa melalui orang tuanya. Orang tua bisa membuat jadwal pribadi keseharian anak (jam tidur, jam bermain, jam belajar, dll) dan juga peraturan keseharian (hal negatif yang dilarang dilakukan). Dengan adanya jadwal pribadi menuntut hal yang harus dilakukan sehingga tidak ada yang terlewatkan. Jadwal pribadi ini juga memiliki manfaat lainnya, yaitu mengajarkan anak akan tanggung jawab yang diembannya, mengajarkan kedisiplinan dan konsistensi pada anak.

Self menegement sangat perlu untuk diri kita, dan banyak juga manfaat dari self menegement yaitu : Dapat melepas stress dan emosi -- emosi lainnya seperti marah, cemas, sedih, takut dll, Dapat juga untuk penyembuhan diri, Meningkatkan inovasi, Meningkatkan kreativitas, Dapat memenegement dengan baik ( waktu ), Meningkatkan rasa percaya diri, Meningkatkan kemampuan belajar, dan Bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

Seseorang yang sudah bisa dalam pengelolaan dirinya maka dia tidak akan kepontal-pontal (read:jawa) dalam mengatur kata apa yang akan diucapkan, dalam mengatur waktu dan lain sebagainya.

sekian, semoga bermanfaat :v

VIDEO PILIHAN