Mohon tunggu...
Mei Rofiqoh
Mei Rofiqoh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Rofiqoh

Hamba Allah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Media Buku IPS Terpadu

28 Oktober 2021   23:07 Diperbarui: 28 Oktober 2021   23:29 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media pembelajaran merupakan suatu alat yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan dan pembelajaran di kelas. Dengan adanya media pembelajaran guru dapat lebih leluasa menjelaskan dan memvisualisasikan materi yang dianggap sulit jika hanya digunakan untuk secara verbal.  Misalnya penjelasan tentang cuaca di suatu daerah,  populasi manusia dan letak geografis suatu wilayah.

Pada masa pandemi yang terjadi seperti saat ini, SMP PGRI 01 BATU ini menggunakan media pembelajaran  buku paket IPS terpadu, yang mana dalam buku ini mencakup pembelajaran ips antara lain sosiologi,  geografi, ekonomi dan sejarah. 

Alasan menggunakan buku paket terpadu dimasa pandemi seperti saat ini adalah  agar kurikulum dapat bermakna bagi anak dikarenakan pada media ini pembelajaran akan lebih dipusatkan pada perkembangan anak. 

Dan tujuan lain dalam hal ini adalah supaya tidak terpisah-pisah bahan yang akan diajarkan, tetapi merupakan suatu kesatuan yang terpusat dan utuh, serta cara belajar yang berjalan sesuai yang dibutuhkan anak.

Tujuan pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan potensi siswa agar lebih peka terhadap persoalan-persoalan sosial yang muncul ditengah masyarakat, ada keinginan untuk memperbaiki ketimpangan yang muncul,  dan mampu mengatasi masalah sehari-hari apabila hal tersebut terjadi. 

Dalam hal ini siswa diharapkan tidak hanya bisa mengatasi masalahnya sendiri, namun juga masalah orang lain. Dalam sistem pengajaran media buku paket terpadu IPS ini cara penggunaannya adalah dengan acara team yang mana dalam pengajaran ini satu topik atau bab akan dilakukan oleh beberapa guru. 

Pada masing-masing guru akan mengajar sesuai dengan porsi atau keahlian masing-masing. Pengalaman lain yang dapat didapatkan dari siswa adalah siswa akan lebih leluasa dalam proses pemahaman materi, dibandingkan dengan pengajaran yang dilakukan hanya dengan seorang guru. 

Dikarenaka dalam hal ini siswa akan lebih banyak menangkap berbagai konsep dan pengalaman yang dikaji oleh tim. Siswa akan lebih cepat memahami materi karena konsepnya adalah tim. Jadi, siswa akan lebih berkembang untuk menciptakan rasa keingintahuannya.

Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum memulai pembelajaran adalah guru mengkondisikan siswa supaya siap lahir batin dalam mengikuti proses pembelajaran. Langkah kedua yaitu guru memberikan penjelasan akan beberapa tujuan pembelajaran yang dikaji pada hari itu. 

Selanjutnya guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dan  kegiatan terakhir adalah proses tanya jawab dan refleksi, guru biasanya juga memberikan PR (Pekerjaan Rumah) yang gunanya untuk meningkatkan  perkembangan dan keaftifan siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun