Mohon tunggu...
Megy Patriciailato
Megy Patriciailato Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

I'm megy Patricia Ilato mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menumbuhkan Sikap Motivasi dalam Organisasi

6 Desember 2022   09:46 Diperbarui: 21 Januari 2023   16:53 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menumbuhkan Sikap Motivasi dalam Organisasi"

 Megy Patricia Ilato, Novianty Djafri, Sukma Nurilawati Botutihe 

Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

ABSTRAK

Dalam pencapaian perorganisasian kita perlu motivasi dalam suatu perusahaan agar bisa mencapai tujuan yang kita harapkan. Motivasi adalah memberikan kekuatan atau dorongan kepada seseorang untuk mencapai tujuannya. Sikap seseorang tentu berubah-rubah dalam kesehariannya, maka perlu motivasi dalam kehidupan kita. Sikap dan tindakan yang kita lakukan tanpa dorongan dan juga arahan dari orang akan bisa dampak tersendiri untuk kita. Menumbuhkan rasa motivasi dinilai dari dasarnya bagaimana cara kita menyikapi dan memberikan jalan untuk mengoptimalkan pencapain proses-proses dalam organisasi.

KATA KUNCi: Motivasi, Organisasi, Sikap

A. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Manusia adalah makhluk yang mudah rapuh jika pencapainnya tidak sesuai dengan yang diharapkannya. Manusia juga merupakan makhluk sosial yang memiliki makna tersirat bahwa manusia itu tidak dapat dipisahkan dari individu yang lainnya. Karena dilihat dalam bentuk lahiriah bahwasannya manusia itu fitrah dan masih membutuhkan pertolongan dari individu lainnya.

Motivasi menyangkut elemen vital pada manajemen termasuk pada organisasi. Maka perlu dalam organisasi untuk menumbuhkan motivasi.Disebabkan manusia merupakan subjek seluruh pekerjaan dan juga karya yang dibuatnya. Dalam proses juga hasil kerja manusia ini ditentukan dari motivasi dalam organisasi. Tindakan motivasi akan lebih berarti ketika tujuannya jelas,dan disadari bhkan disesuai dengan kebutuhan orang yang akan diberikan motivasi.

Kinerja seseorang sangat dipengaruhi oleh motivasi dalam melakukan pekerjaannya. Seorang yang termotivasi akan mampu melaksanakan segala tugas dan tanggung jawab dengan baik, tanpa harus diawasi oleh atasannya. Seseorang yang memiliki motivasi yang tinggi, akan melaksanakan pekerjaannya dengan semaksimal mungkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun