Mohon tunggu...
Mega Lugita
Mega Lugita Mohon Tunggu... Mahasiswa - ARTIKEL DAN OPINI

Artikel adalah suatu karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat mendidik atau menghibur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fenomena Lansia di Sekitar Tempat Tinggal

6 Oktober 2022   10:43 Diperbarui: 6 Oktober 2022   10:52 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Membahas mengenai lansia ditempat tinggal saya yang berada disuatu komplek yang berlokasi di perumahan gria cipta bahagia di jalan guru-guru Indralaya Kabupaten Ogan Ilir ternyata masih banyak sekali lansia yang masih produktif, Contohnya setiap hari libur beberapa lansia pria dan wanita yang masih ada melakukan kegiatan lari pagi di sekitaran komplek ditemani dengan lansia lainya atau ada juga yang ditemani dengan anak mereka.

masih ada lansia yang masih bekerja untuk mencari pundi pundi rupiah untuk menjalankan hidup mereka atau melakukan kegiatan lainya yang hanya sekedar hobi, di tempat tingal saya sendiri masi ada lansia yang berprofesi menjadi tukang pijat,tukang rumput,guru ngaji dan lain sebagainya, tetapi tidak kurang juga masih ada lansia yang tidak produktif yang hanya dirumah saja karena faktor kesehatan yang tidak bisa membuat mereka beraktifitas seperti dulunya

Melihat Fenomena yang ada di tempat tingal saya sendiri ternyata lansia sendiri tidak luput dari yang namanya sebuah penyakit yang suka disebut penyakit tua seperti Darah Tinggi, Jantung, Komplikasi,Asam Urat dan penyakit lainya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Kondisi ini merupakan suatu permasalahan yang ada di kalangan lansia itu sendiri, apalagi pada saat terjadinya wabah covid-19 yang membuat banyak dari lansia ditempat tingal saya kesehatan mereka menurun pasca adanya corona tersebut yang terjadi di komplek tempat tinggal saya dan adanya wabah tersebut ada beberapa lansia ditempat tingal saya yang meninggal karena menurut kabar dari keluarga wabah covid-19 sendiri mempengaruhi penyakit bawaan lansia yang semakin parah.

Permasalahan yang dialamai oleh lansia ditempat tingal saya pun tidak hanya itu permasalahan lainnya juga ikut seperti permasalahan ekonomi yang membuat salah satuh lansia ditempat tingal saya yang seharus nya sudah pensiun dari profesinya sebagai tukang rumput tapi dengan umur beliau yang sekarang sudah menginjak 74 tahun beliau masih semangat untuk bekerja karena tuntunan kehidupan.

Ditempat tingal saya sendiri rata-rata lansianya berumur 60 tahun, dengan melihat fenomena yang ada ditempat tinggal saya ternyata keproduktifan tidak diukur dari seberapa umur seseorang karena disini pun ada lansia yang masi berumuran dibawah 60 tahun hanya berbaring saja di kamar karena suatu penyakit diabetes tetapi ada pula disini lansia yang berumur diatas 74 tahun masih sangat kuat dalam menjalakan profesinya sebagai tukang rumput di tempat tinggal saya, Maka dari itu ternyata pola makan yang terjaga dan hidup sehat yang sangat terjaga sangat berpengaruh sekali pada kesehatan pasca tua nanti.

Pendidikan

Ternyata lansia di tempat tingal saya pun rata rata hanya lulusan SMP tapi banyak juga dari mereka lulusan S1 yang baru pensiun menjadi PNS dan menikamati waktu pensiun mereka bersama anak dan cucu mereka di tempat tinggal, Disni pun belum ada lembaga pendidikan yang dikhususkan untuk Lansia, Tetapi untuk bidang keagamaan sendiri disni para lansia yang masi produktif selalu antusias karena melihat setiap diadakan nya kegiatan pengajian selalu dipenuhi dengan lansia yang ingin menambah pengetahuan mereka

lansia  sendiri menurut saya  sangat berpontensi untuk anak remaja khususnya ditempat tingal saya karena lansia bisa menjadi contoh teladan yang baik serta ilmu dan juga pengalaman hidup yang sudah banyak mereka jalani dengan melihat dan mengamati sendiri kejadian atau kegiatan yang dilakukan oleh para lansia di tempat tingal saya maka saya dapat membuat sebuah opini mengenai lansia yang berada di tempat tinggal saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun