Mohon tunggu...
Sosbud

Siswa SMAN 2 Gunung Putri Kenalkan Keragaman Budaya Indonesia

4 Maret 2019   15:16 Diperbarui: 4 Maret 2019   15:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Siswa SMAN 2 Gunung Putri Kenalkan Keragaman Budaya Indonesia
keragaman budaya indonesia yang dipamerkan saat Sport and Art Festival 2019

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman suku, budaya, adat istiadat, agama dan kesenian. Namun di era globalisasi ini banyak budaya-budaya asing yang secara langsung maupun tidak langsung masuk ke Negara Indonesia. Hal tersebut menyebabkan terjadinya akulturasi budaya, perubahan kebudayaan, penetrasi budaya bahkan dapat melemahkan nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia.

Adat dan budaya perlu dilestarikan agar tidak punah. Harapan satu-satunya terletak pada generasi muda. untuk itu, SMA Negeri 2 Gunung Putri mengadakan sebuah kegiatan pekan olahraga dan seni yaitu Sport and Art Festival (SPARLA) dalam bentuk sebuah festival olahraga dan juga kebudayaan dari berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia baik itu dengan tarian adat, fashion show, dan menyanyikan lagu daerah yang rutin diadakan tiap tahunnya.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Jumat (22/2/2019) di Aula Gedung SMA Negeri 2 Gunung Putri, kegiatan tersebut diharapkan dapat menanamkan rasa nasionalis, nilai nilai kebudayaan dan cinta tanah air kepada siswa SMA Negeri 2 Gunung Putri. Sport and Art Festival (SPARLA) ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya yang sudah digelar sejak tahun 2010 dan diharapkan untuk menghasilkan calon penerus bangsa yang berdedikasi tinggi oleh kemampuan dan keterampilannya, menumbuhkan semangat untuk mengembangkan kreativitas lebih baik lagi dan juga menciptakan solidaritas yang baik antar sesama pelajar.

Kegiatan ini melibatkan peserta yaitu setiap perwakilan kelas yang menampilkan kebudayaan yang berbeda-beda dari berbagai daerah di antaranya Aceh, Minangkabau, Bangka Belitung, Palembang, Batak, Jawa Barat, Betawi, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Makassar, Manado, Maluku, Toraja, Bali, Nusa Tenggara Barat, Papua dan lainnya. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana penting yang dapat digunakan sebagai media pelestarian budaya.

"Sport and Art Festival merupakan kegiatan rutin SMAN 2 Gunung Putri tiap tahunnya, kita tidak hanya menekankan pada sisi kebudayaannya saja,tetapi olahraga juga,karena ini merupakan event seni budaya dan juga olahraga. Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk semuanya, dan semuanya menjadi ikut andil untuk melestarikan budaya." jelas Riska Jayanti selaku panitia acara.

"Saya berharap melalui kegiatan ini siswa dan siswi SMAN 2 Gunung Putri menyadari bahwa Indonesia memiliki bermacam-macam nilai dan kebudayaan dan juga mengembangkan kemampuannya di bidang olahraga, karena tujuan kami adalah untuk menjaga aset bangsa yang paling berharga yaitu generasi muda, khususnya siswa dan siswi SMAN 2 Gunung Putri. 

Jika generasi muda kita memiliki bakat dalam bidang olahraga dan juga seni budaya maka mereka akan mampu mendayagunakan segala bakat dan potensi yang mereka miiki sehingga mereka dapat ikut berkontribusi pada pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Melalui kegiatan ini para siswa dan siswi SMAN 2 Gunung Putri menyadari bahwa kita memang memiliki bermacam-macam nilai dan juga budaya dan itu tidak hanya teori karena teori sudah selesai dan implementasinya adalah bagaimana mereka bisa menyadari perbedaan-perbedaan yang ada itu.  " ungkap Muhammad Arifin selaku guru olahraga SMAN 2 Gunung Putri.